Presiden Joko Widodo dalam Presiden Jokowi pada Sidang Kabinet Paripurna
Nasional

4 Bulan Harga Minyak Terus Melambung, Jokowi ke Menteri : Ceritakan Kepada Rakyat, Ada Empati Dong

  • JAKARTA— Presiden Joko Widodo dalam Sidang Kabinet Paripurna menyinggung kinerja para menteri terkait melambungnya harga minyak goreng dan BBM beberapa bulan terakhir

Nasional

Debrinata Rizky

JAKARTA— Presiden Joko Widodo dalam Sidang Kabinet Paripurna menyinggung kinerja para menteri terkait melambungnya harga minyak goreng dan BBM beberapa bulan terakhir.

Jokowi kecewa kepada menteri karena tidak memberikan penjelasan apa pun kepada masyarakat terkait kenaikan komoditas .

"Harga minyak goreng sudah empat bulan (naik) tidak ada penjelasan apa-apa kenapa ini terjadi," kata Jokowi Rabu (6/4/2022) dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Jokowi kelangkaan minyak goreng dan BBM membuat masyarakat tersiksa, terlebih para menteri tidak menjelaskan ke masyarakat sebab kelangkaan ini.

Lebih lanjut Presiden meminta para jajarannya untuk lebih sensitif terhadap masyarakat dan memiliki sense of crisis.

"Diceritakan dong kepada rakyat, ada empati kita gitu lho, enggak ada, yang berkaitan dengan energi nggak ada penjelasan,"tambah Jokowi.

Ia tidak ingin masyarakat beranggapan bahwa pemerintah tidak bekerja dan tidak mencoba mengatasi masalah kelangkaan ini.

Hal ini membuat kepercayaan masyarakat pada pemerintahan memudar jika terus dibiarkan tanpa penjelasan ujar Joko Widodo.

"Jangan sampai kita ini seperti biasanya dan tidak dianggap oleh masyarakat enggak melakukan apa-apa, tidak ada statement tidak ada komunikasi," imbuhnya

Seperti yang diketahui minyak goreng sempat mengalami kelangkaan di mana-mana, Awalnya harga minyak goreng dibandrol dengan harga 27.000 hingga sekarang menjadi 51.000 untuk ukuran 2 liter.

Selain mengingatkan para menteri terkait kelangkaan komoditas, Presiden juga mengingatkan Menteri Ekonomi untuk menyiapkan jalur mudik yang baik dan meminimalisir kemacetan.

Mengingat tahun ini pemerintah meniadakan aturan pembatasan kendaraan dan memperbolehkan masyarakat melakukan mudik lebaran 2022 dengan melakukan protokol kesehatan.