Cara Ampuh Melunasi Hutang Pinjol dengan Aman
Gaya Hidup

4 Cara Ampuh Melawan Sifat Impulsif Saat Belanja Online

  • Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pembelian impulsif agar keuangan tetap stabil. Selamat mencoba!
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Kemajuan teknologi membuat kita bisa melakukan berbagai hal melalui ponsel atau smartphone, termasuk soal berbelanja. Hanya bermodal ponsel, Anda sudah bisa ‘cuci mata’ dengan melihat berbagai katalog yang disediakan oleh online shop favorit Anda.

Namun, jika kebiasaan tersebut tidak dikontrol, maka Anda bisa menjadi impulsif saat belanja. Pembelian impulsif adalah keputusan pembelian yang tidak direncanakan yang terjadi tepat sebelum pembelian terjadi.

Saat Anda melakukan pembelian secara impulsif, maka hal itu akan membahayakan tabungan dan prospek keuangan Anda. Jika Anda tidak hati-hati, Anda bisa membuat diri Anda terlilit utang.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara melawan sifat impulsif ketika belanja online agar kondisi keuangan Anda tetap selamat.

Cara Melawan Kebiasaan Belanja Online yang Impulsif

1. Berhenti mengikuti akun online shop favorit

Cara melawan kebiasaan belanja online yang impulsif: Berhenti mengikuti akun online shop favorit

Jika Anda mengikuti akun online shop baik di e-commerce atau di media sosial, sebaiknya Anda berhenti untuk mengikutinya. Hal itu perlu dilakukan agar Anda tidak lagi mendapatkan update terbaru mengenai produk mereka yang terkini. Dengan menghindari mengetahui produk terbaru mereka, Anda akan mengurangi pengeluaran akibat terus menerus tergoda membeli produk mereka.

2. Belanja dengan rencana dan anggaran

Cara melawan kebiasaan belanja online yang impulsif: Belanja dengan rencana dan anggaran

Cari tahu barang apa yang ingin Anda beli dan berapa banyak yang akan Anda belanjakan sebelum mulai berbelanja. Dengan adanya rencana dan anggaran, Anda akan cenderung tidak terlalu banyak mengeluarkan uang. 

3. Jangan belanja saat bosan

Cara melawan kebiasaan belanja online yang impulsif: Jangan belanja saat bosan

Saat Anda terjebak dalam kebosanan misalnya ketika di rumah saja atau terbangun di malam hari karena insomnia, Anda mungkin tergoda untuk mengeluarkan ponsel atau membuka laptop dan mulai menjelajahi berbagai online shop favorit Anda. Akan tetapi, jika Anda berbelanja karena bosan, kemungkinan besar Anda akan menghabiskan uang dengan sia-sia dan hal itu akan benar-benar merusak anggaran Anda.

4. Tunggu 24 jam untuk menyelesaikan pembelian

Cara melawan kebiasaan belanja online yang impulsif: Tunggu 24 jam untuk menyelesaikan pembelian

Lain kali ketika Anda merasakan dorongan untuk membeli sesuatu, katakan pada diri sendiri untuk menunggu 24 jam sebelum membayarnya. Setelah 24 jam berlalu, tanyakan kepada diri Anda apakah masih menginginkannya.

Gagasan di balik masa tunggu ini adalah untuk mencegah Anda membeli sesuatu secara impulsif, sampai waktu yang ditentukan sebelumnya telah berlalu.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pembelian impulsif agar keuangan tetap stabil. Selamat mencoba!