Jangan Mudah Tergiur! Ini Tanda Penipuan Berkedok Lowongan Kerja Freelance
Gaya Hidup

4 Cara Meningkatkan Fokus Menurut Ahli

  • Diana Raab Ph.D, seorang psikolog di Psychology Today mengatakan bahwa kurangnya fokus dapat mengakibatkan kelelahan yang berlebihan, stres , kebiasaan tidur yang buruk, dehidrasi, kecanduan, dan makan makanan yang tidak sehat. Sehingga penting untuk Anda bisa membangun dan mempertahankan fokus saat bekerja. Diana juga menyarankan beberapa tips yang bisa Anda coba untuk meningkatkan fokus:
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Memiliki fokus dan konsentrasi yang baik saat bekerja terbukti meningkatkan produktivitas Anda. Selain membuat pekerjaan cepat rampung, fokus juga memungkinkan Anda untuk melakukan lebih banyak pekerjaan.

Sebuah penelitian di tahun 2011 menunjukkan bahwa setelah waktu yang lama mengerjakan suatu tugas, otak akan berhenti mencatat penglihatan, suara, atau perasaan, terutama jika stimulus tetap konstan dari waktu ke waktu.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa otak didesain untuk mendeteksi dan merespons perubahan dan perhatian yang berkepanjangan pada satu tugas. Dan ini sebenarnya menghambat kinerja seseorang.

Diana Raab Ph.D, seorang psikolog di Psychology Today mengatakan bahwa kurangnya fokus dapat mengakibatkan kelelahan yang berlebihan, stres , kebiasaan tidur yang buruk, dehidrasi, kecanduan, dan makan makanan yang tidak sehat. Sehingga penting untuk Anda bisa membangun dan mempertahankan fokus saat bekerja.

Diana juga menyarankan beberapa tips yang bisa Anda coba untuk meningkatkan fokus:

1. Kosongkan area kerja Anda

Eugene Gendlin, dalam bukunya yang berjudul Focusing menyarankan Anda untuk mengosongkan area kerja agar fokus. Hal ini untuk meminimalisir distraksi sehingga Anda tidak akan terganggu selama bekerja.

Anda dapat mencoba untuk menyingkirkan barang yang tidak begitu penting dari atas meja kerja Anda. Cukup tinggalkan barang yang benar-benar berguna untuk Anda seperti laptop, buku, dan charger.

2. Berlatih meditasi kesadaran

Ada beragam pilihan jenis meditasi dan meditasi kesadaran adalah salah satu yang bisa Anda coba untuk meningkatkan fokus.

Meditasi ini mendorong pikiran Anda untuk tetap fokus pada masa kini alih-alih masa lalu atau masa depan.  Jika pikiran Anda tetap sibuk memikirkan hal yang tidak perlu coba latihlah pernafasan Anda. Lakukan meditasi jenis ini selama 15 sampai 20 menit sekali sehari, tingkatkan menjadi dua kali sehari setelah Anda merasa sudah terbiasa.

3. Sering mengambil jeda istirahat

Seringlah mengambil jeda istirahat sekedar untuk berjalan kaki atau melakukan peregangan. Penelitian membuktikan bahwa istirahat mental secara singkat dari suatu tugas dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk bekerja dalam waktu yang lama.

4. Lacak dengan journaling

Journaling atau menjurnal dapat Anda lakukan untuk melacak apa yang mengganggu fokus Anda dan bagaimana cara mendapatkan fokus Anda kembali.

Hal ini tentu efektif sebagai cara untuk melakukan refleksi dan evaluasi agar ke depannya Anda lebih siap menghadapi distraksi dan lebih fokus untuk bekerja.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai cara meningkatkan fokus. Semoga bermanfaat!