Ilustrasi team
Gaya Hidup

4 Cara Menjadi Manajer Terbaik yang Tidak Akan Pernah Dilupakan Tim Anda

  • Terakhir, Laurie menyimpulkan bahwa menjadi manajer yang baik dapat menciptakan budaya kerja dimana karyawan memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dan bertahan lebih lama dalam tim karena mereka merasa senang dan tertantang.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Menjadi manajer atau pemimpin bukanlah sesuatu yang mudah. Manajer memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengelola tim, mengambil keputusan yang sulit, dan memastikan kinerja tim tetap berjalan dengan baik. 

Namun beberapa orang berhasil menjadi manajer yang baik dan selalu dikenang oleh anggota tim mereka.  Ahli kepemimpinan dan penulis buku “Corporate Drinker” Laurie Ruettimann menulis untuk LinkedIn tentang kriteria manajer yang baik “Orang tidak pernah melupakan seorang manajer yang berjuang untuk mereka,” jelasnya. 

Ia juga menambahkan bahwa manajer yang luar biasa tidak hanya sekedar menghadiri rapat dan mengisi lembar review kinerja anggota tim. Tetapi mereka juga mengajari tim bagaimana menjadi pekerja yang lebih baik. 

Lebih lanjut, Laurie menyebutkan 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi manajer yang baik untuk anggota tim Anda.

1. Kelola dan Perjuangkan Tim Anda

Setiap orang dalam perusahaan memiliki bos, termasuk Anda. Kunci untuk menjadi manajer yang efektif adalah berhasil navigasi hierarki dan lapisan politik di kantor. 

Laurie menyebut manajer perlu mengetahui ke mana arah perusahaan dan tujuan penting apa yang diprioritaskan pimpinan. Sehingga manajer bisa membingkai pencapaian dan permintaan departemen kepada bos dengan cara yang tepat. 

Ketika Anda bertemu dengan pimpinan Anda, berikan update pekerjaan tentang prioritas yang paling penting bagi mereka. Jangan lupa untuk menyampaikan kendala jika memang ada. Hal ini dapat membantu Anda mendapatkan kepercayaan dari bos, dan menempatkan tim Anda pada posisi yang strategis untuk berkembang. 

2. Mengutamakan Kesejahteraan Anggota Tim 

Laurie menjelaskan bahwa kesejahteraan individu harus menjadi bagian dari setiap pertemuan dengan tim Anda. Tidak perlu ada sesi khusus tapi cukup tanyakan bagaimana kabar mereka. 

Anda juga dapat secara proaktif bertanya kepada diri Anda sendiri. Jika saya adalah anggota tim bagaimana keadaan saya saat ini?

Jika memang perlu, bekerja samalah dengan divisi human resources untuk menyelesaikan masalah yang tidak beres dalam tim Anda. Tawarkan juga rekomendasi program bantuan untuk anggota tim yang mengalami kesulitan. 

3. Tunjukkan Apresiasi dan Rasa Terima Kasih Setiap Hari 

Menurut Laurie, apresiasi dan rasa terima kasih adalah cara paling efektif untuk membuat tim Anda merasa senang, terlibat, dan terhubung dengan misi perusahaan. 

Sebuah survei yang dilakukan oleh sebuah perusahaan bernama Workhuman menunjukkan bahwa hampir dua pertiga karyawan percaya bahwa memberi atau menerima ucapan terima kasih selama pandemi memotivasi mereka untuk bekerja lebih keras.

4. Ingat Orang-Orang yang Berjasa pada Anda 

Semua orang mengira mudah untuk menjadi seorang manajer. Namun sangat sedikit yang memiliki panduan karakter, keterampilan, dan keberanian yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas manajer dengan baik. 

Atas semua jatuh bangun perjalanan, Laurie meminta Anda untuk selalu mengingat siapa saja orang-orang yang berjasa pada Anda. Siapa yang datang saat Anda sedang terpuruk? Siapa yang memberi kelonggaran saat Anda melakukan kesalahan? Siapa yang mengajari Anda keterampilan-keterampilan untuk berkembang dan terus belajar?

Terakhir, Laurie menyimpulkan bahwa menjadi manajer yang baik dapat menciptakan budaya kerja dimana karyawan memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dan bertahan lebih lama dalam tim karena mereka merasa senang dan tertantang.