Ilustrasi smoothie.
Gaya Hidup

4 Cara Ngemil yang Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

  • Perubahan gaya hidup menjadi hal yang perlu diperhatikan penderita kolesterol jika ingin kembali bugar.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA — Perubahan gaya hidup menjadi hal yang perlu diperhatikan penderita kolesterol jika ingin kembali bugar. Salah satu langkah yang bisa dilakukan yakni bijak dalam memilih makanan. Mengonsumsi makanan kecil yang lebih sehat bisa menjadi alternatif mudah untuk menurunkan kolesterol. 

Anda bisa mengombinasi beberapa camilan dengan unsur lain agar lebih nikmat saat disantap. Simak ulasan berikut ini agar bisa ngemil dengan menyenangkan dan tetap sehat:

Padukan Oatmeal dengan Minyak Zaitun 

Oatmeal memiliki serat larut yang membantu mengikat kolesterol di usus dan mengeluarkannya dari tubuh. Konsumsi 120 gram oatmeal yang dimasak setiap hari dapat menurunkan kolesterol hingga 8% merujuk Cleveland Clinic. 

Anda dapat mengombinasikan oatmeal dengan minyak zaitun serta kayu manis untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Keberadaan kayu manis juga dapat menambah kelezatan hidangan oatmeal. 

Sensasi Roti Gandum dan Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah dengan lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Kombinasikan alpukat dengan roti gandum untuk mendapatkan manfaat maksimal. Roti gandum mengandung biji-bijian utuh dengan serat larut yang dapat mengikat kolesterol di usus dan mengeluarkannya dari tubuh, 

Ngemil Wortel dengan Hummus

Anda dapat mencelupkan wortel ke dalam humus untuk mendapatkan manfaat terbaik dalam mengelola kolesterol. Wortel sendiri kaya akan serat larut, sedangkan hummus terbuat dari kacang arab yang merupakan sayuran. Hummus sendiri telah terbukti menurunkan kolesterol karena memiliki serat larut. 

Bikin Smoothie dengan Sayuran 

Membuat smoothie dengan sayuran, buah beri, biji chia, atau biji rami dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol. Selain sehat, camilan ini mengandung nutrisi beragam dan tentu saja lezat. Sayuran dan buah beri mengandng serat larut dan antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari kolesterol jahat.