Photo by Christina Morillo: https://www.pexels.com/photo/two-woman-in-black-sits-on-chair-near-table-1181605/
Gaya Hidup

4 Cara Tetap Terlihat PeDe Meskipun Anda Sebenarnya Tidak

  • Seseorang yang tampil percaya diri cenderung meraih kesuksesan karir yang lebih besar. Selain itu, percaya diri juga bisa membuat seseorang memiliki status sosial yang lebih tinggi.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Apakah Anda pernah merasa gugup dan tidak percaya diri ketika harus presentasi, bertemu dengan orang baru, atau melakukan wawancara kerja?

Bagaimanapun keadaannya Anda harus tetap terlihat percaya diri.  Tidak asing dengan kalimat fake it untill you make it? Ya, benar berpura-pura lah untuk percaya diri hingga Anda merasa benar-benar percaya diri.

Percaya diri memegang peran penting untuk kehidupan Anda baik kehidupan pribadi maupun profesional. Seseorang yang tampil percaya diri cenderung meraih kesuksesan karir yang lebih besar. Selain itu, percaya diri juga bisa membuat seseorang memiliki status sosial yang lebih tinggi.

Nah berikut ini adalah tips  yang dapat Anda lakukan ketika sedang merasa tidak percaya diri:

1. Buat eye contact

Eye contact adalah hal yang krusial untuk membangun kepercayaan diri. Selain itu eye contact juga memungkinkan Anda untuk membangun koneksi yang lebih dalam dengan seseorang. Kepercayaan juga mudah terbangun jika orang yang sedang berbincang saling memberikan eye contact.

Jadi ketika sedang berbincang dengan orang lain apapun kondisinya pastikan untuk melakukan eye contact dan tetap menjaganya ketika orang lain sedang berbicara.

2. Lakukan beberapa pose sebelum tampil

Salah satu pose yang bisa Anda praktikan adalah pose Superman. Caranya sangatlah sederhana, cukup busungkan dada Anda, angkat kepala Anda sedikit dan posisikan tatapan Anda sedikit ke atas. Letakkan kedua tangan Anda di samping-samping pinggang.

Penelitian membuktikan bahwa pose ini dapat mengubah persepsi otak Anda tentang diri Anda sendiri. Otak akan tertipu dan berpikir bahwa Anda benar-benar sedang merasa percaya diri.

3. Gunakan gestur tangan

Satukan tangan Anda ketika Anda tengah mendengarkan orang lain berbicara untuk menghindari rasa gelisah. Ketika berbicara gunakan gestur tangan untuk lebih menjelaskan maksud ucapan Anda.

Penelitian membuktikan orang yang berbicara dengan menggunakan gerakan tangan dinilai lebih kompeten.

4. Berbicara dengan pelan dan jelas

Ambil waktu jeda untuk setiap kata dan kalimat yang akan Anda sampaikan. Pastikan Anda sudah memproses setiap ucapan yang akan disampaikan terlebih dahulu dalam pikiran Anda.

Berbicara dengan pelan memungkinkan Anda untuk memilih kata-kata dengan lebih bijak. Para ahli juga kerap berbicara dengan pelan untuk memastikan bahwa pendengar mereka berfokus pada setiap kata yang mereka ucapkan.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 4 cara terlihat percaya diri meskipun Anda sebenarnya tidak. Semoga bermanfaat!