Ilustrasi Team
Gaya Hidup

4 Keterampilan yang Dibutuhkan Direktur Keuangan Sebuah Perusahaan

  • Apalagi jika menjadi pemimpin keuangan, tentu tantangannya menjadi lebih besar.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Menjadi pemimpin dalam sebuah organisasi adalah suatu tantangan tersendiri. Apalagi jika menjadi Chief Financial Officer (CFO) atau Direktur Keuangan, tentu tantangannya menjadi lebih besar.

Namun, pada kenyataannya banyak pemimpin keuangan yang belum siap menghadapi beragam tantangan di tempat kerja. Sehingga bagi Anda yang sedang bekerja dalam peran ini, penting bagi Anda untuk meningkatkan dan mengasah keterampilan Anda agar pekerjaan Anda dapat selesai dengan efektif dan efisien.

Scott Beaver, seorang manajer pemasaran produk senior untuk Oracle Netsuite, seperti dilansir dari laman website Entrepreneur mengungkapkan 4 keterampilan yang dibutuhkan oleh pemimpin keuangan.

1. Menjaga hubungan baik

Penting bagi seorang pemimpin keuangan untuk memahami pentingnya menjaga hubungan di semua tingkatan organisasi.

Hubungan yang baik harus terjalin antara pemimpin keuangan dengan rekan sejawat, atasan, maupun bawahan. Hal ini tentunya dapat mendukung proses keuangan perusahaan untuk mencapai tujuan bersama.

2. Mempelajari strategi dalam menggunakan aset

Tanggung jawab seorang pemimpin keuangan salah satunya adalah bertanggung jawab atas pengelolaan aset dan liabilitas dengan baik.

Disinilah seorang pemimpin keuangan penting untuk mempelajari strategi untuk memaksimalkan pemanfaatan aset.

Tak hanya berhenti di situ, seorang pemimpin keuangan juga perlu untuk mengecek potensi resiko di setiap aset perusahaan salah satunya adalah biaya penyusutan peralatan.

3. Menghindari turn over pada karyawan

Turn over adalah mimpi buruk semua perusahaan. Tak hanya divisi keuangan saja, namun hampi semua divisi akan terdampak dari adanya turn over di sebuah perusahaan.

Tak berhenti sampai disitu, biaya untuk merekrut karyawan baru juga tak murah. Itulah kenapa Anda harus sangat hati-hati dengan adanya turn over.

4. Memaksimalkan potensi

Menjadi pemimpin keuangan di suatu perusahaan berarti Anda harus memaksimalkan potensi Anda yang meliputi hard skill dan soft skill.

Hal ini tentu akan membantu Anda dalam membuat keputusan berdasarkan informasi dan menangkap pembelajaran di seluruh organisasi.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 4 keterampilan yang dibutuhkan oleh pemimpin keuangan. Semoga bermanfaat!