<p>Ilustrasi Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). / Id.pinterest.com</p>
Gaya Hidup

4 Langkah Cerdas Ambil Keuntungan dari Dana Ekstra

  • JAKARTA – Virus corona telah menjungkirbalikkan nyaris semua aktivitas normal kita, termasuk pengaturan keuangan. Meski situasi ini membuat banyak orang berjuang lebih keras untuk memenuhi kehidupan mereka, sebagian orang yang masih bekerja merasakan pengeluaran mereka menurun banyak. Sebabnya, mereka tidak lagi traveling, tidak lagi makan di luar rumah, dan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. […]

Gaya Hidup
Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

JAKARTA – Virus corona telah menjungkirbalikkan nyaris semua aktivitas normal kita, termasuk pengaturan keuangan.

Meski situasi ini membuat banyak orang berjuang lebih keras untuk memenuhi kehidupan mereka, sebagian orang yang masih bekerja merasakan pengeluaran mereka menurun banyak.

Sebabnya, mereka tidak lagi traveling, tidak lagi makan di luar rumah, dan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Jika kamu berhasil mendapatkan uang tambahan selama pandemi Covid-19 ini, berikut empat cara memanfaatkan tabungan tersebut. Kiat ini dikutip dari Kiplinger.

  • Buat Dana Darurat

Tahun 2020 telah berfungsi sebagai pengingat yang jelas bahwa hal-hal yang tidak terduga dapat terjadi, dan jika hal itu terjadi, sebaiknya bersiaplah.

“Bila kamu memiliki pekerjaan tetap, dana daruratmu harus setara dengan pengeluaran tiga hingga enam bulan,” kata Tara Unverzagt, perencana keuangan bersertifikat dan pendiri South Bay Financial Partners di Torrance, California.

Membuat dana darurat adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk masa depanmu.

Tidak perlu menginvestasikan dana darurat karena tujuan utama kamu terhadap uang itu adalah aksesibilitas, bukan pertumbuhan.

Dia harus tersedia saat kamu sangat membutuhkannya.

  • Berinvestasi untuk Pensiun

Jika kamu belum terjun ke dunia investasi, mungkin terasa seperti waktu yang menakutkan untuk memulainya, mengingat semua volatilitas di pasar belakangan ini.

Kabar baiknya adalah volatilitas tidak menyebabkan banyak kerugian saat kamu berinvestasi untuk tujuan jangka panjang seperti pensiun: Puncak dan lembah akibat virus corona kemungkinan akan tampak jauh lebih kecil dari waktu ke waktu.

  • Menabung untuk Tujuan non-Pensiun

Pensiun adalah tujuan bersama, tetapi kemungkinan itu bukan satu-satunya tujuan yang kamu miliki. Pertimbangkan untuk memberikan dana tambahan bagi hal-hal lain: kuliah untuk anak, mobil baru, atau liburan impian.

Berinvestasi dapat membantumu mencapai tujuan tersebut lebih cepat dari sekadar menabung.

Namun, perlu diingat, dana darurat dan tabungan jangka pendek sebaiknya tidak perlu diinvestasikan, cukup disimpan dalam rekening tabungan dengan hasil tinggi.

Kamu juga bisa mempertimbangkan peningkatan kontribusi amal dari dana lebihmu.

  • Jelajahi Investasi Real Estat

Salah satu cara termudah untuk berinvestasi di real estat adalah berinvestasi di dana investasi real estate (DIRE) atau dikenal sebagai real estate investment trust (REIT).

Mengutip Infovesta, DIRE diartikan sebagai kumpulan uang pemodal yang oleh perusahaan investasi akan diinvestasikan ke bentuk aset properti, baik secara langsung seperti membeli gedung, maupun tidak langsung dengan membeli saham/obligsai perusahaan properti.