4 Orang Kru SpaceX-6 Nasa Kembali ke Bumi dengan Selamat
Sains

4 Orang Kru SpaceX-6 Nasa Kembali ke Bumi dengan Selamat

  • Sejumlah 4 anggota kru SpaceX-6 NASA mendarat dengan selamat di lepas pantai Jacksonville, Florida pada Senin, 4 September 2023 setelah menghabiskan 186 hari di orbit.
Sains
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Sejumlah kru SpaceX-6 NASA mendarat dengan selamat di lepas pantai Jacksonville, Florida pada Senin, 4 September 2023 setelah menghabiskan 186 hari di orbit. 

Anggota kru yang terdiri dari empat orang  itu adalah Astronot NASA Stephen Bowen  dan Woody Hoburg , serta astronot UEA (Uni Emirat Arab) Sultan Alneyadi dan kosmonot Roscosmos Andrey Fedyaev. Sesampainya di Bumi, tim di kapal pemulihan SpaceX mengambil pesawat ruang angkasa bersama dengan awaknya untuk terbang ke Johnson Space Center NASA di Houston. 

Dikutip dari laman resmi NASA, administrator Bill Nelson menyebut eksperimen ini dilakukan untuk kepentingan seluruh umat manusia. 

“Setelah menghabiskan enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional, menempuh jarak hampir 79 juta mil selama misi mereka, dan menyelesaikan ratusan eksperimen ilmiah untuk kepentingan seluruh umat manusia, SpaceX Crew-6 NASA telah kembali ke planet Bumi,” terangnya. 

Kontribusi Crew-6 ini disebut-sebut akan membantu mempersiapkan NASA untuk kembali ke Bulan, untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Mars dan meningkatkan kehidupan di Bumi. 

Kru 6 lepas landas pada tanggal 2 Maret 2023, dengan roket SpaceX Falcon 9 dari Kennedy Space Center NASA di Florida. Pada tanggal 6 Mei, para kru kedatangan pesawat ruang angkasa kargo SpaceX Dragon yang membawa susunan surya baru, penyelidikan sains, dan pasokan ke laboratorium yang mengorbit. Para kru turun dari stasiun luar angkasa pada hari Minggu pukul 7:05 pagi, untuk memulai perjalanan pulang.

Bowen, Hoburg, Alneyadi, dan Fedyaev melakukan perjalanan sejauh 78.875.292 mil selama misi mereka, menghabiskan 184 hari di stasiun luar angkasa, dan menyelesaikan 2.976 orbit mengelilingi Bumi. Misi Crew-6 adalah penerbangan luar angkasa pertama untuk Hoburg, Alneyadi, dan Fedyaev. Sementara Bowen telah mencatat 227 hari di luar angkasa dalam empat penerbangan.

Para kru berkontribusi pada ratusan eksperimen dan demonstrasi teknologi, termasuk membantu tantangan robotik siswa, mempelajari adaptasi genetik tanaman terhadap ruang angkasa, dan memantau kesehatan manusia dalam gayaberat mikro untuk mempersiapkan eksplorasi di luar orbit rendah Bumi dan memberi manfaat bagi kehidupan di Bumi. 

Para astronot merilis satelit pertama Saskatchewan yang menguji sistem deteksi dan perlindungan radiasi baru yang berasal dari melanin, yang ditemukan di banyak organisme, termasuk manusia.

Misi Crew-6 adalah bagian dari Program Kru Komersial NASA , dan kembalinya misi tersebut ke Bumi menyusul peluncuran SpaceX Crew-7 milik NASA, yang merapat ke stasiun tersebut pada 27 Agustus, memulai ekspedisi sains jangka panjang lainnya.

Tujuan Program Kru Komersial NASA adalah transportasi yang aman, andal, dan hemat biaya ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional dan orbit rendah Bumi, yang memaksimalkan waktu penelitian dan meningkatkan peluang penemuan di laboratorium gayaberat mikro umat manusia dan tempat pengujian untuk eksplorasi, termasuk membantu NASA mempersiapkan eksplorasi manusia di Bulan dan Mars.