4 Rekomendasi Aplikasi di Google Play Store untuk Meningkatkan Produktivitas Anda
Tekno

4 Rekomendasi Aplikasi di Google Play Store untuk Meningkatkan Produktivitas Anda

  • Berikut ini TrenAsia.com merangkum 4 rekomendasi aplikasi di Google Playstore yang bisa Anda download untuk meningkatkan produktivitas Anda. Aplikasi-aplikasi ini bisa membantu Anda mulai dari mencatat, mengorganisasi tugas, hingga mengubah rutinitas harian menjadi lebih produktif.
Tekno
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Di dunia yang memprioritaskan produktivitas, Google Play Store bisa menjadi toko aplikasi yang membantu Anda mendapatkan aplikasi-aplikasi penunjang produktivitas sesuai kebutuhan. 

Berikut ini TrenAsia.com merangkum 4 rekomendasi aplikasi di Google Playstore yang bisa Anda download untuk meningkatkan produktivitas Anda. Aplikasi-aplikasi ini bisa membantu Anda mulai dari mencatat, mengorganisasi tugas, hingga mengubah rutinitas harian menjadi lebih produktif. 

1. Microsoft 365 (Office)

Aplikasi utilitas Microsoft seperti Word, Excel, Powerpoint, dan lainnya, digunakan setiap hari oleh ribuan individu dan organisasi. Sekarang Anda bisa menggunakan aplikasi Microsoft 365 (Office) di perangkat smartphone Anda.

Aplikasi ini menggabungkan layanan penting Microsoft menjadi satu, termasuk Microsoft Word, Excel, PowerPoint, PDF, dan Forms. Selain itu, Anda dapat memindai dokumen, membuat catatan, memindai dan menandatangani PDF, mengkonversi dokumen ke PDF, mengkonversi gambar ke teks atau tabel, atau bahkan memindai kode QR, semuanya gratis. 

Microsoft sendiri menjelaskan aplikasi ini sebagai "aplikasi produktivitas sehari-hari yang sangat baik yang membantu Anda membuat, mengedit, dan berbagi di mana pun"

2. Focus To-Do: Pomodoro Timer & To Do List

Banyak orang mengalami kesulitan mengelola waktu setiap hari, di mana mereka akhirnya menghabiskan lebih banyak waktu dari yang seharusnya untuk tugas tertentu. 

Untuk membantu mengatasi masalah ini, ada aplikasi bernama 'Focus To-Do: Pomodoro Timer & To Do List' yang tersedia di Google Play Store. 

"Focus To-Do menggabungkan Pomodoro Timer dengan Manajemen Tugas, aplikasi berbasis ilmu yang akan memotivasi Anda untuk tetap fokus dan menyelesaikan tugas," begitu penjelasan aplikasi tersebut.

Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi ini diantaranya adalah mengelola Tugas, Pengingat, Daftar, Acara Kalender, Daftar Belanja, checklist, membantu Anda fokus pada pekerjaan & belajar serta melacak jam kerja Anda. 

Focus To-Do juga bisa disinkronkan antara ponsel dan komputer Anda, sehingga Anda dapat mengakses daftar Anda dari mana saja. Berikut cara menggunakannya: 

1. Pilih tugas yang perlu Anda selesaikan. 

2. Atur timer selama 25 menit, tetap fokus, dan mulailah bekerja. 

3. Ketika timer pomodoro berbunyi, ambil istirahat selama 5 menit. 

Aplikasi ini memiliki fitur seperti Pengatur Tugas, Perencana Jadwal, Pengingat, Pelacak Kebiasaan, Pelacak Waktu, dan lainnya.

3. Adobe Acrobat Reader untuk PDF

Aplikasi mobile Adobe Acrobat Reader dianggap sebagai penampil PDF dengan pengguna di seluruh dunia. Tersedia di Google Play Store secara gratis, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan file secara online dan membaca file PDF di mana saja. 

Anda juga dapat melihat, berbagi, memberi anotasi, dan menambahkan tanda tangan elektronik ke dokumen PDF. Meskipun fungsi dasarnya gratis, Anda dapat berlangganan langganan premium untuk mendapatkan akses ke fitur seperti mengedit teks dan gambar dalam dokumen PDF Anda, menggabungkan file menjadi satu file PDF, dan mengorganisir halaman, serta mengkonversi dokumen ke PDF dan lainnya.

4. Canva

Canva adalah aplikasi yang bisa membantu Anda lebih mudah dalam membuat dan mengedit desain. Canva juga memberi Anda akses ke fitur pembuat cerita Instagram, video, kolase video, logo, poster, buku hingga mood board. 

Selain itu, ada pula editor foto lengkap yang tersedia di dalam aplikasi yang dapat digunakan secara gratis. Anda juga bisa berlangganan keanggotaan berbayar untuk mendapatkan akses ke desain-desain premium mereka. 

Nah berikut tadi adalah 4 rekomendasi aplikasi di Google Playstore yang bisa Anda download untuk meningkatkan produktivitas Anda. Semoga bermanfaat!