Galabo
Destinasi & Kuliner

4 Rekomendasi Destinasi Berburu Takjil di Solo

  • JAKARTA - Bulan Ramadan selalu menjadi waktu istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu kota yang menawarkan pengalaman
Destinasi & Kuliner
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Bulan Ramadan selalu menjadi waktu istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. 

Salah satu kota yang menawarkan pengalaman berbuka puasa yang unik dan khas adalah Solo atau Surakarta, yang terkenal sebagai kota budaya di Jawa Tengah. 

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mencari takjil, hidangan lezat yang disajikan untuk memulai berbuka puasa. 

Berikut ini TrenAsia.com merangkum 5 rekomendasi destinasi berburu takjil di Solo. 

1. Pasar Gede Solo

Pasar Gede Solo adalah tempat yang penuh dengan tradisi kuliner Jawa. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai penjual takjil yang menyajikan hidangan lezat dan khas Solo seperti kolak, es dawet, dan wedang ronde. 

Suasana pasar yang ramai dan penuh warna akan menambah kenikmatan berbuka puasa Anda. Lokasi Pasar Gede juga berdekatan dengan Balai Kota Solo, sehingga Anda bisa sekaligus ngabuburit disana. 

2. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul yang berlokasi di kota Surakarta ini disebut juga sebagai Alkid. Ini merupakan bagian terpenting dari sebuah kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Anda bisa menjajal aneka kuliner takjil kaki lima yang menggelar dagangan di seputaran Alkid. Kuliner yang disajikan antara lain bakso bakar, sosis bakar, jagung bakar, bakso kuah, jasuke, es kelapa muda, es buah, es dawet, dan jenis-jenis takjil lainnya. 

Pengunjung biasanya menikmati makanan dengan menggelar tikar di atas rumput dan bersantai. Lapangan rumput di tengah alun-alun kerap menjadi arena bermain sepak bola.

3. Galabo

Galabo, singkatan dari Gladag Langen Bogan, adalah tempat kuliner malam di Solo. Terletak di sebelah selatan Benteng Vastenburg, Galabo dibuka setiap hari mulai pukul 17.00 sampai dini hari. 

Menawarkan berbagai hidangan kekinian dan tradisional, Galabo menjadi tempat yang nyaman untuk mencari takjil. 

Harga makanan di sini juga relatif terjangkau, dan suasana baru Galabo memberikan pengalaman yang berbeda.

4. Jalan Garuda Mas

Lokasi lain yang sering dijadikan tempat pasar Ramadan adalah Jalan Garuda Mas dan sepanjang jalan di depan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai takjil dan makanan ringan yang lezat dengan harga yang terjangkau. 

Tempat ini juga menjadi favorit para mahasiswa untuk mencari takjil atau berjualan selama bulan Ramadan. Karena tidak berada di area yang luas, Anda perlu bersiap-siap menghadapi kemacetan setelah pukul 17.00 WIB. 

Dengan menjelajahi destinasi kuliner di Kota Solo, Anda dapat menikmati kelezatan takjil yang beragam dan memperkaya pengalaman berbuka puasa Anda di bulan Ramadan.