4 Rekomendasi Film yang Akan Mengajarkan Anda Soal Uang dan Bisnis
Gaya Hidup

4 Rekomendasi Film Edukasi Keuangan dan Bisnis

  • Inilah beberapa rekomendasi film yang dapat memberikan pelajaran soal uang dan bisnis kepada Anda. Selamat menonton!
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pelajaran bisa diperoleh dari mana saja, termasuk dari film yang Anda tonton. Ternyata, ada banyak film yang selain menghibur, juga sekaligus mengajarkan pelajaran yang berarti.

Bagi Anda yang ingin beristirahat dari kesibukan sehari-hari tapi sekaligus belajar soal uang dan bisnis, Anda bisa menyimak beberapa rekomendasi film berikut ini.

Rekomendasi Film yang Mengajarkan Soal Uang dan Bisnis

1. Confessions of A Shopaholic

Film ini mengisahkan wanita yang tinggal di New York dan seorang shopaholic atau penggila belanja. Ia memiliki sekitar 12 kartu kredit dan utang senilai US$16.000 serta tiba-tiba dipecat dari perusahaan. Ia akhirnya menjadi penulis di Successful Saving, majalah keuangan dan memberi nasihat kepada orang-orang soal keuangan tapi justru mengabaikan kondisi keuangannya sendiri.

Film ini memberi pelajaran bahwa kita perlu memahami kebutuhan dan keinginan, serta tidak mudah tergiur ketika melihat diskon, antrean saat berburu barang diskon, hingga berbagai barang yang dipajang di etalase toko.

2. The Social Network

Rekomendasi Film yang Mengajarkan Soal Uang dan Bisnis: The Social Network

The Social Network mengisahkan perjalanan Mark Zuckerberg saat mendirikan Facebook. Dalam film tersebut, Mark kehilangan banyak uang saat dituntut karena mencuri ide rekannya. Padahal, tidak ada kesepakatan tertulis antara mereka yang menetapkan soal kepemilikan kekayaan intelektual.

Pelajaran dari film ini yaitu kita perlu belajar soal hukum ketika memiliki bisnis. Selain itu, jika Anda memiliki ide kewirausahaan yang hebat, pastikan Anda mengambil langkah-langkah untuk melindungi kekayaan intelektual dengan kontrak dan dokumentasi hukum yang tepat. 

3. Wall Street

Rekomendasi Film yang Mengajarkan Soal Uang dan Bisnis: Wall Street

Film ini mengisahkan pialang saham muda yang menyukai gaya hidup mewah orang kaya dan berkuasa. Ia akhirnya menghabiskan uang yang sebetulnya tidak ia miliki untuk membeli apartemen mewah dan barang seni yang mahal untuk mempertahankan penampilan sebagai orang sukses.

Pelajaran dari film ini adalah menghasilkan uang dengan jujur sangat bermanfaat untuk jangka panjang. Selain itu, penting untuk mengelola uang dengan baik melalui penganggaran agar hati-hati saat membelanjakan uang. Anda juga perlu belajar untuk hidup sesuai kemampuan agar tidak jatuh ke dalam perangkap keserakahan demi bisa hidup mewah.

4. The Money Pit

The Money Pit yang dibintangi oleh Tom Hanks dan Shelley Long ini mengisahkan soal pembelian rumah yang dipengaruhi oleh keputusan emosional dan rasional.

Pelajaran yang bisa diperoleh dari film ini adalah jika Anda ingin membeli rumah baru atau membeli rumah untuk yang pertama kali, Anda perlu melakukan riset yang mendalam. Selain itu buatlah anggaran yang realistis agar Anda hanya membeli rumah yang mampu Anda beli.

Itu tadi beberapa rekomendasi film yang dapat memberikan pelajaran soal uang dan bisnis kepada Anda. Selamat menonton!