Pelabuhan penyeberangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara.
Gaya Hidup

4 Rekomendasi Pariwisata Lewat Jalan Tol Gempol-Pandaan

  • Jalan tol Gempol-Pandaan yang memiliki panjang 13,61 kilometer (km) memiliki destinasi pariwisata yang menarik untuk dikunjungi khususnya di Kabupaten Pasuruan.
Gaya Hidup
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Jalan tol Gempol-Pandaan yang memiliki panjang 13,61 kilometer (km) memiliki destinasi pariwisata yang menarik untuk dikunjungi khususnya di Kabupaten Pasuruan.

Jalan Tol Gempol-Pandaan mulai dibangun sejak 2011 dan mulai dioperasikan penuh untuk umum pada 2019. Tol Gempol-Pandaan juga terhubung dengan Jalan Tol Surabaya-Gempol di sebelah utara, Jalan Tol Gempol-Pasuruan di sebelah timur, dan Jalan Tol Pandaan-Malang di sebelah selatan.

Berikut ada empat rekomendasi pariwisata yang dikunjungi melalui Jalan Tol Gempol-Pandaan dikutip dari media sosial Jasa Marga Official, Minggu, 20 Maret 2022.

Lembah Gempol

Sebelum menjadi tempat destinasi pariwisata, Lembah Gempol dulunya merupakan bekas penambangan yang mempunyai kontur tanah unik serta rumput ijau yang terhampar luas di atas lahan 10 hektare (Ha).

Lokasi wisata ini berada di Gunung Penanggungan sehingga memberikan keindahan alam dan suasana yang sejuk bagi penjung yang datang.

Wisata Coban Genengan

Coban Genengan dikenal juga sebagai Coban Binangun, tempat wisata yang memberikan keindahan alam. Berjarak dari Gerbang Tol (GT) Pandaan, pengendara bisa menemukan pemandangan hamparan sawah dan air terjun yang indah.

Candi Belahan

Tempat wisata yang terkenal di daerah Pandaan salah satunya Candi Belahan yang lokasinya berada di Desa Wonosunyi, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Candi Belahan merupakan salah satu situs candi sumber mata air yang dibangun pada 1049 masehi atau pada abad ke 11 masa Kerajaan Kahuripan.

Taman Candra Wilwatikta

Taman Candra merupakan sebuah taman budaya yang dikenal dengan pagelaran seni drama dan tarinya.

Destinasi ini berjarak 5 km dari GT Pandaan yang memberikan pengalaman libur berbeda. Di sana terdapat taman seluas 12,3 Ha yang diyakini sebagai petilasan Majapahit. Selain destinasi sejarah, di Taman Candra juga disuguhi pemandangan indah dari Gunung Penanggungan.