<p>Superblock Grand Kamala Lagoon yang berisi residensial, apartemen, mall, dan perkantoran, milik PT PP Properti Tbk (PPRO) / Dok. Perseroan</p>
Industri

4 Tipe Apartemen yang Ada di Indonesia

  • Apartemen masih menjadi incaran banyak orang untuk memiliki tempat tinggal yang bisa didapat dengan harga terjangkau.
Industri
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Apartemen masih menjadi incaran banyak orang untuk memiliki tempat tinggal yang bisa didapat dengan harga terjangkau namun layak dihuni. Selain itu, hunian vertikal juga dianggap menjadi alternatif yang sedang diminati banyak orang terutama di kalangan milenial.

Sedangkan dari segi penjualan apartemen, Colliers Indonesia memprediksikan penjualan apartemen akan meningkat dibandingkan pada 2021.

Berikut ada empat tipe apartemen yang sering ditemui di Indonesia dikutip dari situs resmi PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) pada Sabtu, 19 Februari 2022.

Apartemen Studio

Apartemen Studio/ foto: Apartemen Studio

Apartemen ini memiliki ukuran yang relatif kecil dengan konsep open plan. Konsep open plan sendiri memfungsikan semua ruangan menjadi satu pada satu tempat.

Jadi, ruang tidur, dapur, kamar mandi, area belajar, lemari dan lainnya menjadi satu dalam ruangan. Umumnya apartemen ini memiliki luas tidak lebih 30 meter persegi (m2).

Apartemen 2/3 Bedroom

Tipe apartemen ini memiliki dua sampai tiga kamar tidur dengan ruang yang berukuran relatif luas dengan ruang tamu, ruang makan, dan dapur yang menjadi satu di dalam ruangan.

Tipe hunian apartemen seperti ini sangat cocok untuk keluarga yang memiliki anak kecil. Karena konsep yang dipakai sangat cocok untuk ditinggali lebih dari satu orang.

Apartemen Loft

Apartemen Setegah Lantai/ foto: Tangkapan layar

Apartemen Loft memiliki konsep open plan dan memiliki langit-langit yang tinggi sehingga dapat difungsikan menjadi dua lantai.

Apartemen Loft juga disebut sebagai tipe apartemen yang memiliki tambahan ruangan ‘setengah lantai’. Dinamai setengah lantai karena sebenarnya terdiri satu lantai tapi dengan jarak antara laintai dan plafon yang tinggi.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari apartemen bertipe Loft ini, di antaranya langit-langit yang tinggi, cahaya matahari yang cerah, model terbuka dan fleksibel, serta detail gaya industrial.

Penthouse

Penthouse/ foto: Tangkapan layar

Tipe apartemen ini berada di lantai tertinggi dari sebuah gedung apartemen, kondominium, hotel, atau menara. Konsep mewah menjadi ciri khas dari tipe hunian apartemen penthouse.

Memiliki tipe hunian penthouse bisa memberikan tambahan lain dengan pemandangan indah dari atas mengingat letak penthouse itu sendiri. Penthouse atau griya tawang dibandrol dengan harga sekitar Rp7 miliar per unitnya.