Ilustrasi konser musik.
Gaya Hidup

4 Tips Nonton Konser Anti Boncos, Hindari Pinjol

  • Agar dapat mewujudkan mimpi menonton konser idola tanpa khawatir boncos, ada sejumlah tips yang dapat Anda terapkan.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Tahun 2023 bisa dibilang menjadi surganya penikmat musik di Indonesia. Bagaimana tidak, deretan musisi papan atas dunia seperti BLACKPINK, The Strokes, Arctic Monkeys, Slipknot hingga Deep Purple mewarnai panggung-panggung musik Tanah Air.

Namun demikian, rata-rata harga tiket konser musisi besar tentu tidaklah murah. Anda terkadang perlu merogoh kocek cukup dalam untuk menyaksikan penampilan musisi idaman. Agar dapat mewujudkan mimpi menonton konser idola tanpa khawatir boncos, ada sejumlah tips yang dapat Anda terapkan. Berikut ulasannya. 

1. Menetapkan prioritas 

Jika keuangan pas-pasan, Anda tak boleh kalap saat melihat banyak musisi keren konser di Indonesia. Tetapkanlah prioritas pertunjukan yang ingin Anda datangi. Cari tahu harga tiket yang ditawarkan serta jadwalnya. Sehingga Anda dapat mulai menyisihkan uang sesuai kebutuhan. 

2. Merinci budget

Pengeluara nonton konser tentu tak hanya untuk membeli tiket. Ada sejumlah pengeluaran lain seperti makanan, merchandise dan lain sebagainya. Jika Anda berasal dari luar kota, pengeluaran bisa bertambah dari pos transportasi dan akomodasi. Deretan pengeluaran ini perlu Anda catat rinci sehingga diketahui berapa duit yang perlu disiapkan jelang konser. 

3. Membuat rekening khusus

Sebagian orang masih kesulitan memisahkan tabungan dengan pengeluaran sehari-hari. Hal ini lambat laun bisa membuat tabungan tergerus, salah satunya karena nonton konser. Oleh karena itu, tak ada salahnya membikin rekening tersendiri untuk biaya nonton konser. Jika dirasa merepotkan, Anda dapat menabung uang di dalam celengan seperti masa kecil. 

4. Jangan tergoda pinjol

Jangan sekali-sekali tergoda pinjaman online (pinjol) untuk membiayai kebutuhan hiburan Anda. Pinjol memang menawarkan kemudahan di awal, tapi bisa membuat Anda sengsara dengan bunganya. Daripada memakai pinjol, lebih baik Anda mulai menabung dan menerapkan manajemen keuangan secara ketat.