Gaya Hidup

4 Tips untuk Meningkatkan Daya Ingat

  • Gangguan memori adalah masalah yang tidak boleh dianggap enteng, mengingat memori seseorang terkait dengan banyak fungsi otak lainnya dan berfungsi sebagai jendela menuju kesehatan kognitif.
Gaya Hidup
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - Memperkuat daya ingat adalah hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghadapi tuntutan hidup yang semakin kompleks. Dengan daya ingat yang baik, kita dapat dengan mudah mengingat informasi penting, menghadapi tantangan kognitif, dan meningkatkan produktivitas. 

Melansir Dr Axe, gangguan memori adalah masalah yang tidak boleh dianggap enteng, mengingat memori seseorang terkait dengan banyak fungsi otak lainnya dan berfungsi sebagai jendela menuju kesehatan kognitif. 

Artikel ini akan memberikan tips-tips efektif yang dapat membantu meningkatkan daya ingat secara alami dan berkelanjutan. 

1. Belajar hal baru

Belajar hal baru adalah cara terbaik untuk mendorong neuroplastisitas atau kemampuan otak untuk beradaptasi dengan hal baru. Neuroplastisitas juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan daya ingat. Peningkatan itu terjadi ketika otak sedang melakukan koneksi sinapsis atau menghubungkan sel-sel saraf dalam otak.

Mengembangkan keterampilan baru sangat penting untuk menjaga kinerja otak agar tetap tajam. Latihan otak terbaik untuk dicoba adalah yang membutuhkan konsentrasi, keterlibatan penuh, dan sedikit usaha mental. Kegiatan atau hobi apa pun yang membutuhkan koordinasi tangan dan mata serta keterampilan motorik yang kompleks juga bagus untuk pikiran. 

Contoh kegiatan tersebut seperti mempelajari alat musik atau bahasa baru, membuat prakarya, bermain catur, menari, yoga, tai chi, dan menyelesaikan teka-teki silang.

2. Konsumsi makanan mengandung anti-inflamasi

Salah satu aspek penting dalam usaha meningkatkan daya ingat adalah memberi nutrisi yang baik untuk menjaga kerusakan otak akibat radikal bebas atau stres. Itulah mengapa mengkonsumsi makanan yang mengandung anti-inflamasi penting untuk dilakukan.

Konsumsi tersebut dimaksudkan untuk melindungi fungsi kognitif dan bahkan berpotensi melawan penyakit neurodegeneratif seperti demensia dan penyakit Alzheimer. 

Contoh makanan yang baik untuk otak adalah lemak sehat, termasuk minyak zaitun, alpukat, kelapa, kacang-kacangan seperti kenari, dan kuning telur. Makanan antioksidan tinggi, seperti sayuran berdaun hijau, paprika, bawang merah, buah jeruk, beri, brokoli, coklat hitam, acai, dan kunyit. Ikan-ikanan seperti salmon, tuna, halibut, trout, mackerel, sarden, herring, dan yang mengandung omega-3.

3. Olahraga secara teratur

Melakukan olahraga secara teratur sudah lama dipercaya membantu melindungi daya ingat jangka pendek dan jangka panjang. Hal tersebut karena olahraga dapat meningkatkan sirkulasi dan oksigen ke otak, meningkatkan neuroplastisitas dengan merangsang faktor pertumbuhan dan koneksi saraf, meningkatkan sistem kekebalan, mengurangi risiko gangguan yang dapat menyebabkan hilangnya memori, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular, dan masih banyak lagi.

Olahraga aerobik, jalan pagi, berenang, tai chi, dan bersepeda menjadi pilihan yang baik untuk orang tua dan yang sedang mengalami cedera.

4. Tidur cukup

Tidur memiliki dampak besar pada tingkat fokus, kemampuan ingatan, kemampuan memecahkan masalah, pengaturan emosi, dan kreativitas. Peneliti telah menunjukkan bahwa tidur yang cukup memiliki peran penting dalam mengkonsolidasi memori jangka panjang dan jangka pendek, yang terjadi selama fase tidur terdalam. Secara umum, orang dewasa disarankan untuk tidur antara tujuh hingga sembilan jam setiap malam agar dapat merasakan manfaat optimal dari tidur.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, anda harus mengolah jadwal tidur agar jam biologis tidak kacau, jangan bermain telepon genggam sebelum tidur, kurangi alkohol, kafein, gula, dan makanan pedas, terutama menjelang waktu tidur, dan tidur siang.

Itulah empat cara mudah untuk meningkatkan daya ingat secara alami. Mulailah dengan hal yang paling mudah seperti menjaga pola tidur dan menjaga konsumsi pada makanan. Tips-tips di atas membutuhkan komitmen yang kuat namun sangat bermanfaat bukan hanya untuk kesehatan otak namun juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.