Seorang wasit sedang gunakan teknologi VAR
Olahraga

42 Wasit Liga 1 dan 2 Ikuti Pelatihan VAR, Berikut Materinya

  • Adapun 42 wasit yang mengikuti pelatihan VAR terbagi menjadi 18 wasit Liga 1, 24 wasit Liga 2 dan 10 orang yang nantinya akan bertugas sebagai replay operator.
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Sejumlah wasit yang bertugas pada Liga 1 dan 2 mengikuti pelatihan Video Assistant Review (VAR). Diikuti oleh 42 wasit, pelatihan digelar pada 17 hingga 21 Juli 2023 oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) di bilangan Jakarta Selatan. 

Direktur Operasional PT LIB, VAR Project Leader, Asep Saputra menyebutkan pelatihan kali ini berfokus dengan VAR Theoritical Education yakni pengenalan teknologi VAR secara umum kepada wasit Liga 1 dan 2.

“Sebelum pada materi simulasi yang langsung menggunakan VAR simulator, kami berharap kepada wasit dan semua yang terlibat dalam penerapan VAR, memiliki pemahaman yang sama dan benar-benar menguasai secara teori. Dengan demikian, pada saat pelatihan berikutnya akan bisa lebih maksimal dan fokus,” jelas Asep Saputra dalam keterangan resmi PT LIB dikutip TrenAsia.com, Kamis, 20 Juli 2023. 

Ini merupakan pelatihan ang kedua kalinya untuk para wasit Liga 1 dan 2. Namun pada pelatihan kali ini PT LIB memberikan materi khusus VAR Theoritical Education misalnya pada hari pertama membahas Laws Of The Game (LOTG) 2023-2024 dan offside deliberate play (intro and analysis). 

Kemudian dua hari berikutnya, dimatangkan tentang challenges (intro and analysis), red card incidents (VAR Test), handball (intro and analysis), sampai dengan penalty area incidents (intro and analysis).

Adapun 42 wasit yang mengikuti pelatihan VAR terbagi menjadi 18 wasit Liga 1, 24 wasit Liga 2 dan 10 orang yang nantinya akan bertugas sebagai replay operator.

Wasit Liga 1

Dari wasit yang bertugas di BRI Liga 1 2023/24 ada nama-nama seperti Ginanjar Rahman Latief, Naufal Adya Fairuski, Nendi Rohaendi, Thoriq Alkatiri, Yudi Nurcahya, Asep Yandis, Bangkit Sanjaya, Rio Putra Permana, M Erfan Efendi, Abdul Aziz, Agus Fauzan Arifin, Aidil Azmi, Armyn Dwi Suryatin, Gedion Dapaherang, Ryan Nanda Saputra, Choirudin, dan Zetman Pangaribuan.

Wasit Liga 2  

Sementara dari wasit Liga 2 2023 ada Amri Nurhadi, Axel Febrian Sinaga, Bagus Kurniawan, Candra, Eko Saputra, Fibay Rahmatullah, Hamdi, Irfan Wahyu Wijanarko, Irul Hidayat, Louis Ridho Muhammad, Muhammad Iqballuddin, Muhammad Tri Santoso, Pipin Indra Pratama, Steven Yubel Poli, Subro Malisi, Totok Fitrianto, Aprisman Aranda, Cahya Sugandi, Sance Lawita, Agung Setiyawan, Mansyur, Tomi Manggopa, Agus Walyono, dan Ridwan Pahala.

Investasi VAR Rp100 Miliar

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, meskipun membeli seperangkat VAR memakan biaya mahal mencapai Rp100 miliar. Investasi tersebut sangat dibutuhkan untuk perkembangan sepak bola tanah air makin lebih maju.

 “Hanya sistemnya saja itu kurang lebih Rp100 miliar. Masih perlu penunjang lain seperti ruangan, fiber optic, wifi dan sebagainya,” kata Erick Thohir.