laptop
Gaya Hidup

5 Alasan Mengapa Anda Tidak Segera Dipanggil Interview Kerja

  • Inilah penjelasan di balik alasan mengapa Anda tidak segera dipanggil interview kerja.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tidak segera dipanggil interview memang membuat frustasi para pencari kerja. Anda mungkin juga bertanya-tanya mengapa teman-teman Anda mendapatkan panggilan interview relatif cepat, sementara Anda masih berharap untuk segera dipanggil interview. Mungkin ada beberapa alasan di balik mengapa Anda tidak segera dipanggil wawancara kerja. Berikut penjelasannya.

5 Alasan Mengapa Anda Tidak Segera Dipanggil Interview atau Wawancara Kerja

1. Resume tampak buruk

Alasan Mengapa Anda Tidak Segera Dipanggil Interview atau Wawancara Kerja: Resume tampak buruk

Jika Anda memiliki keterampilan dan pengalaman, tapi belum mendapatkan panggilan interview kerja, ada baiknya jika Anda meninjau kembali resume Anda dan memeriksa apakah harus diubah. Tidak bekerja dalam waktu yang lama, sering berpindah pekerjaan, dan resume yang ketinggalan zaman adalah red flag yang biasanya tidak akan membuat perekrut mengundang Anda untuk wawancara pekerjaan.

2. Tidak ada pengalaman kerja

Alasan Mengapa Anda Tidak Segera Dipanggil Interview atau Wawancara Kerja: Tidak ada pengalaman kerja

Kurang pengalaman kerja memang salah satu hal yang menyulitkan Anda untuk mencari pekerjaan. Tapi jangan khawatir, bagi Anda yang fresh graduate, Anda bisa mencoba menjelaskan project kerja Anda ketika berorganisasi. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti program magang atau internship agar memperoleh pengalaman pekerjaan yang diperlukan.

3. Tidak memperbarui media sosial

Alasan Mengapa Anda Tidak Segera Dipanggil Interview atau Wawancara Kerja: Tidak memperbarui media sosial

Saatnya memperbarui profil Anda. Cobalah untuk mereview ulang profil di LinkedIn atau media sosial lain dan hindari mengunggah atau posting sesuatu yang negatif.

4. Alamat dan isi email yang tidak profesional

Alasan Mengapa Anda Tidak Segera Dipanggil Interview atau Wawancara Kerja: Alamat dan isi email yang tidak profesional

Jika Anda menggunakan alamat dan isi email yang tidak profesional mungkin perekrut akan segera turn off dan tidak akan melanjutkan proses rekrutmen Anda. Oleh karena itu, pilihlah alamat email yang profesional, seperti menggunakan nama depan atau belakang anda. 

5. Posisi sudah terisi

Alasan Mengapa Anda Tidak Segera Dipanggil Interview atau Wawancara Kerja: Posisi sudah terisi

Alasan umum mengapa Anda tidak segera dipanggil untuk mengikut interview kerja adalah karena seseorang sudah mengisi posisi tersebut. Selain itu, banyak perusahaan yang tidak mau repot mengirim surat penolakan kepada kandidat yang gagal. Inilah mengapa lebih baik terus melamar sambil menunggu interview kerja.

Itulah penjelasan di balik alasan mengapa Anda tidak segera dipanggil interview kerja.