<p>Rekomendasi tanaman hias untuk dekorasi kantor/freepik.com</p>
Gaya Hidup

5 Alasan Mengapa Memiliki Tanaman di Dalam Ruangan Dapat Menghemat Uang Anda

  • Inilah beberapa alasan mengapa menanam tanaman di dalam ruangan dapat membuat Anda semakin hemat. Selamat mencoba!
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Menanam tanaman ternyata tidak hanya membuat pikiran Anda tidak jenuh tapi juga sekaligus untuk membuat tampilan rumah jadi lebih menarik dan sejuk. Tidak hanya itu, memiliki tanaman di dalam ruangan ternyata juga bisa menghemat uang.

Hal ini karena tanaman di dalam ruangan memiliki fungsi tertentu yang tidak bisa diabaikan. Bahkan fungsi-fungsi tersebut biasanya diperoleh lewat berbagai barang yang cukup mahal.

Penasaran apa saja yang bisa Anda hemat dari menanam tanaman di dalam ruangan? Berikut penjelasannya.

Alasan Mengapa Memiliki Tanaman di Dalam Ruangan Dapat Menghemat Uang 

Alasan Mengapa Memiliki Tanaman di Dalam Ruangan Dapat Menghemat Uang  

1. Meningkatkan Kualitas Udara

Seperti yang Anda ketahui, jenis tanaman dalam ruangan tertentu dapat membantu meningkatkan kualitas udara. Hal ini karena tumbuhan mengubah karbon dioksida yang kita keluarkan menjadi oksigen yang dapat kita hirup.

Selain itu, akar, daun, tanah, dan mikroorganisme yang terdapat pada tanaman di dalam ruangan akan membantu mengurangi polutan seperti asap rokok dan pelarut organik. Dengan meningkatnya kualitas udara di lingkungan dalam ruangan, maka kita akan mengurangi kemungkinan terkena alergi dan masalah pernapasan. Itu artinya kita hanya membutuhkan biaya lebih sedikit untuk membeli obat atau mengunjungi dokter.

2. Tanaman Tertentu Dapat Digunakan Sebagai Obat

Ada beberapa tanaman dalam ruangan yang dapat digunakan untuk obat, seperti aloe vera atau lidah buaya yang bisa menjadi obat untuk kulit pecah-pecah atau kering, luka ringan, atau sengatan matahari. 

Selain itu, tanaman Marigold Inggris yang cerah dan indah ini juga dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit dan bengkak akibat gigitan serangga.

3. Alat Bantu Tidur

Tumbuhan tertentu ternyata dapat membuat Anda menjadi mudah tidur dan memperoleh kualitas tidur yang baik dan berkualitas. Salah satu tanaman yang dipercaya meningkatkan kualitas tidur adalah tanaman Kava Kava yang dapat mengurangi stres dan kecemasan. 

Tanaman lainnya yang bisa merangsang tidur adalah Chamomile. Chamomile dapat ditanam di dalam ruangan atau di luar ruangan. Anda bisa menyeduh teh dari bunganya untuk membantu Anda  mendapatkan tidur yang berkualitas.

4. Mengurangi Tagihan Listrik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tanaman mampu melepaskan oksigen dan uap air. Dengan adanya tanaman, maka ruangan jadi lebih lembap sehingga Anda tidak perlu menggunakan pelembap udara.

Dengan berkurangnya penggunaan alat pelembap udara, maka tagihan listrik Anda juga akan menurun sehingga Anda jadi makin hemat.

5. Tanaman Indoor Sebagai Mood Booster

Ada beberapa tanaman indoor yang berfungsi tidak hanya sebagai alat bantu tidur tapi juga mood booster. Salah satunya adalah tanaman Lavender yang memiliki aroma dan warna yang menenangkan.

Dengan mood yang baik, maka Anda tidak mengeluarkan uang untuk berkunjung ke terapis. Selain itu, tanaman seperti Lavender juga mudah tumbuh sehingga tidak akan menambah stres.

Itu tadi beberapa alasan mengapa menanam tanaman di dalam ruangan dapat membuat Anda semakin hemat. Selamat mencoba!