<p>Tampilan rabeg, masakan khas di Provinsi Banten. / Indonesia.go.id  </p>
Gaya Hidup

5 Alternatif Memasak Tanpa Minyak Goreng

  • Kelangkaan minyak goreng yang saat ini sedang dialami Indonesia, karenanya harga minyak goreng hingga menjelang Bulan Ramadan tahun ini masih sangat tinggi.
Gaya Hidup
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Kelangkaan minyak goreng yang saat ini sedang dialami Indonesia, karenanya harga minyak goreng hingga menjelang Bulan Ramadan tahun ini masih sangat tinggi.

Pemerintah Indonesia telah melakukan kebijakan satu harga minyak goreng Rp14 ribu per liter namun belum bisa mengatasi masalah tersebut.

Saat ini, harga minyak goreng diserahkan kepada mekanisme pasar yang artinya dibandrol dengan harga mahal dan tentunya memberatkan masyarakat.

Berikut lima alternatif memasak tanpa minyak goreng yang bisa dilakukan di rumah agar lebih terjangkau, bahkan alternatif memasak ini jauh lebih sehat yang sudah dirangkum TrenAsia.com:

Pepes

Memasak dengan cara di pepes biasanya untuk memasak ikan, tahu, jamur, daging dan ayam. Bahan utama yang akan dimasak dibungkus dengan daun pisang yang sebelumnya sudah dilumuri bumbu khasnya.

Bungkusan tersebut kemudian dikukus lalu dibakar di atas bara api sampai bungkusan mengering.

Menyemur

Menggunakan teknik masak menyemur biasanya makanan dicokelatkan pada suhu yang tinggi kemudian diaduk dalam panci tertutup bersamaan cairan masakan seperti kaldu, santan, dan semacamnya. 

Bahan utama yang cocok untuk disemur salah satunya daging dan banyak sayuran empuk membuatnya kaya rasa.

Penguahan

Teknik memasak satu ini tidak sama sekali menggunakan minyak goreng karena yang dibutuhkan berupa air atau cairan beraroma seperti kaldu dan nggur untuk membuat masakan menjadi lembut dan menjaganya tetap lembab.

Memanggang

Memanggang menjadi teknik memasak tanpa minyak goreng. Biasanya teknik memasak ini dilakukan di dalam oven atau penggoreng anti lengket.

Biasnaya untuk memasak makanan laut, unggas, daging tanpa lemak, sayuran dan semacamnya.

Membakar

Membakar tidak menggunakan minyak goreng tapi tetap memberikan rasa yang enak untuk makanan yang dibakar. Memanggang biasanya dilakukan dengan memanaskan makanan langsung di atas bawa api.