Kaesang Pangarep di sebuah acara peluncuran gerai Ternakopi.
Nasional

5 Bisnis Kaesang yang Gulung Tikar, Ada Goola hingga Madhang

  • Adakalanya usaha tersebut juga meredup hingga terdapat beberapa kemudian yang justru mandek.

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Dunia berbisnis tidak selamanya mulus. Hal itu rupanya juga berlaku bagi Kaesang Pangarep. Statusnya sebagai anak bungsu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak serta merta menjadikan usaha yang dibukanya selalu berjalan dengan lancar.

Adakalanya usaha tersebut juga meredup hingga terdapat beberapa kemudian yang gulung tikar. Berikut merupakan deretan bisnis Kaesang yang tidak beroperasi.

Ternakopi

Ternakopi merupakan salah satu usaha Kaesang di bidang makanan dan minuman dengan fokus pada kopi. Bisnis ini juga merupakan salah satu warisan dari Gibran kepada adiknya kala ia menjadi Walikota. Sebelum COVID-19 melanda, Ternakopi memiliki hampir 40 outlet. Namun kala pandemi, satu persatu outlet tersebut tutup. 

Goola

Senada dengan Ternakopi, Goola juga termasuk dalam jajaran bisnis Kaesang yang diketahui mandek. Unggahan terakhir Goola di Instagramnya pada 7 November 2020 lalu menjadikan bisnis ini menjadi tanda tanya. Goola menawarkan minuman tradisional Indonesia yang dikemas secara lebih modern.

Siap Mas

Produk Kaesang yang gagal di pasaran berikutnya yaitu Siap Mas. Brand Siap Mas dibangun Kaesang bersama dengan kakaknya Gibran Rakabuming Raka menghasilkan produk berupa jajanan ringan dan minuman. Produk itu diberi nama Ngedrink dan Kemripik. 

Jajanan ini dipasarkan di berbgai minimarket dengan rentang harga terjangkau. Setali tiga uang dengan Goola dan Ternakopi, Siap Mas diketahui juga mandek. Berdasarkan pantauan TrenAsia, postingan Instagramnya terakhir diperbaharui pada 3 Oktober 2020 .

Madhang

Kaesang pernah meluncurkan aplikasi bernama Madhang. Aplikasi ini befungsi untuk menghubungkan antara ibu rumah tangga yang gemar memasak dengan para pembeli sehingga mereka dapat berdiri sendiri secara finansial. 

Usaha itu dikembangkan bersama dengan Universitas Dian Nuswantoro. Keberlanjutan usaha ini juga tidak jelas. Postingan terakhir yang diunggah di akun instagramnya yaitu pada 22 Februari 2022 lalu.

Sang Javas

Tidak hanya bergelut pada usaha di bidang kuliner, Kaesang juga merambah usaha dengan berjualan kaos. Usaha ini mengangkat kaos dengan desain gambar kecebong sebab terinspirasi dari perilaku warga kala itu. Unggahan terakhir Sang Javas di akun instagramnya yaitu pada 17 Agustus 2020 lalu.