Inilah Buku yang Direkomendasikan oleh Para Jutawan, Tertarik Membacanya?
Gaya Hidup

5 Buku Favorit Miliarder Dunia, Tertarik Baca?

  • Salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan saat akhir pekan adalah dengan melakukan hobi, salah satunya membaca buku. Inilah buku yang direkomendasikan oleh para jutawan dunia, tertarik membacanya?
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan saat akhir pekan adalah dengan melakukan hobi, salah satunya membaca buku. Tahukah Anda, bahwa para miliarder atau jutawan ternyata memiliki kesamaan hobi, yaitu membaca buku?

Membaca buku memang dapat membuat Anda mendapatkan wawasan dan ilmu yang lebih luas. Selain itu, membaca buku membuat Anda jadi lebih hidup, bisa berpikir, atau bekerja dengan lebih baik.

Uang memang dapat membeli banyak hal, tapi tidak ada yang dapat membuat Anda merasa kaya akan pengetahuan selain membaca buku yang hebat. Para miliarder umumnya adalah orang-orang yang gemar dan banyak membaca yang membuat mereka menjelajahi banyak jalan berbeda dalam hal bagaimana membuat bisnis, investasi, tabungan, manajemen, dan kehidupan. 

Penasaran dengan apa buku yang direkomendasikan oleh miliarder dan jutawan di dunia? Simak penjelasan berikut ini yang dilansir dari laman Reader’s Digest.

Steve Jobs

Sebagai salah satu pendiri Apple, Steve Jobs merupakan salah satu pengusaha Amerika yang sering mendapatkan banyak pujian. Steve Jobs sendiri juga merupakan seorang pembaca dan terinspirasi oleh banyak buku. Ia juga terpengaruh oleh buku berjudul Be Here Now yang ditulis oleh Ram Dass yang merupakan panduan untuk meditasi bagi Jobs, yang membantunya menemukan spiritualitasnya saat di perguruan tinggi, dan membantu melatih pikirannya untuk hidup dan sukses.

Warren Buffett

Miliarder Warren Buffett merupakan pengusaha yang cukup banyak membaca. Akan tetapi, buku berjudul The Intelligent Investor oleh Benjamin graham merupakan buku yang benar-benar mengubah hidupnya.

Dia berusia 19 tahun saat mengambil buku tersebut di sebuah toko buku di Lincoln, Nebraska. Berkat buku tersebut, Warren Buffet mengetahui filosofi Graham mengenai ‘investasi nilai’.

Mark Zuckerberg

Pendiri Facebook ini menyukai buku berjudul World Order yang ditulis oleh Henry Kissinger. Berkat buku tersebut, ia mengetahui cara menangani bisnis, kehidupan, dan bahkan mengasuh anak.

Steve Ballmer

Dalam sebuah sesi tanya jawab dengan New York Times, kepala eksekutif Microsoft, Steve Ballmer mengatakan bahwa buku berjudul Built to Last oleh Jim Collins mengubah caranya memandang manajemen dan kepemimpinan.

“Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan yang terbaik dari orang lain, Anda harus benar-benar mendengarkan mereka, dan mereka harus merasa bahwa mereka benar-benar didengar,” kata Ballmer, seperti yang dikutip dari laman Reader’s Digest pada 28 Mei 2022.

Bill Gates

Bill Gates menyukai buku berjudul Factfulness yang ditulis oleh Hans Rosling. Buku ini memberikan penjelasan yang sangat jelas mengapa orang sulit untuk melihat kemajuan. Melalui buku ini, Hans Rosling menawarkan saran yang jelas dan dapat ditindaklanjuti mengenai cara mengatasi bias bawaan kita dan melihat dunia lebih nyata.

Menurut Bill Gates, Factfulness adalah buku paling mendidik yang pernah ia baca dan ia pikir semua orang dapat mengambil manfaat dari wawasan yang disampaikan Hans Rosling.

Jeff Bezos

CEO Amazon, Jeff Bezos mengatakan dia belajar lebih banyak dari novel fiksi daripada buku non fiksi. Menurutnya, buku The Remains of the Day karangan Kazuo Ishiguro merupakan buku yang paling berpengaruh untuk dirinya.

Sheryl Sandberg

Dalam sebuah wawancara dengan New York Times, COO Facebook dan penulis buku Lean In ini terpengaruh oleh buku berjudul Conscious Business How to Build Value Through Values dari Fred Kofman. Buku ini memiliki efek yang mendalam pada karier dan kehidupannya. 

Oprah Winfrey

Oprah memiliki satu buku yang ia sebut paling memengaruhi kariernya, yaitu buku berjudul The Seat of The Soul yang ditulis oleh Gary Zukav. Menurutnya, penulis buku tersebut berbicara tentang bagaimana setiap aksi diikuti oleh reaksi yang merupakan hukum ketiga Newton dalam fisika. Namun, sebelum ada pikiran atau tindakan, ada niat. Niat ternyata mendahului setiap pikiran dan tindakan, dan hasil dari pengalaman Anda tentunya ditentukan oleh niat.

Elon Musk

Ada banyak buku yang menjadi favorit Elon Musk. menurutnya, buku berjudul The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy oleh Douglas Adams. Menurutnya, buku tersebut menyoroti hal penting yaitu bahwa seringkali pertanyaan lebih  sulit daripada jawabannya. Dan jika Anda mampu mengungkapkan pertanyaan dengan benar, maka jawabannya adalah bagian yang mudah.

Itu tadi beberapa buku yang dibaca dan menjadi favorit para jutawan. Tertarik membacanya?