<p>Ilustrasi pria sedang lelah, lesu dan lemas saat bekerja/freepik.com/wayhomestudio</p>
Gaya Hidup

5 Cara Agar Tubuh Lebih Berenergi Selama Puasa Ramadan

  • Inilah beberapa cara agar tubuh lebih berenergi selama puasa Ramadan. Selamat mencoba.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Setiap bulan Ramadan, umat muslim di berbagai negara melaksanakan ibadah puasa mulai dari sahur hingga waktu buka puasa. Akan tetapi, jika Anda tidak melakukan persiapan dengan benar, maka tubuh jadi terasa lemas atau tidak berenergi ketika puasa Ramadan.

Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya jika Anda mulai mencoba cara agar tubuh lebih berenergi selama puasa Ramadan berikut ini.

5 Cara Agar Tubuh Lebih Berenergi Selama Melakukan Ibadah Puasa Ramadan

1. Sahur yang seimbang

Mengonsumsi makanan yang seimbang saat sahur akan membantu tubuh untuk puasa di siang hari serta membuat pencernaan menjadi lebih efisien. Anda bisa mengonsumsi menu makan seperti karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serta buah dan sayur.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu menghindari mengonsumsi makanan asin atau gorengan dan pilihlah roti gandum, beras merah telur, alpukat, dan pisang. Anda juga perlu mengonsumsi cukup air agar bisa terus beraktivitas dengan normal ketika Ramadan.

2. Lakukan olahraga ringan

Saat tubuh Anda beradaptasi dengan puasa, beberapa hari pertama mungkin Anda akan mengalami penurunan tingkat energi. Anda bisa mencoba melakukan olahraga ringan seperti peregangan, jalan kaki singkat, atau beberapa latihan pernapasan sederhana dapat membantu meremajakan dan menyegarkan tubuh Anda.

3. Jadwalkan tidur Anda

Pada umumnya, ketika puasa maka Anda dan keluarga berkumpul, buka puasa, dan berdoa sampai larut malam. Jika memungkinkan, cobalah tidur lebih awal beberapa malam dalam seminggu untuk mengejar waktu tidur atau jadwalkan tidur siang secara teratur jika memungkinkan.

4. Tetap tenang

Mungkin pada bulan Ramadan terkadang kita menghadapi cuaca yang panas yang membuat Anda mudah lemas atau tidak berenergi. Anda bisa menciptakan lingkungan yang nyaman seperti menggunakan kipas angin untuk membantu menenangkan tubuh.

5. Tetap terhubung

Tetap terhubung dengan orang lain seperti membaca Alquran bersama dan bertemu serta menyapa tetangga setelah salat justru akan menjaga tingkat energi Anda tetap tinggi bahwa mempererat hubungan. 

Itu tadi beberapa cara agar tubuh lebih berenergi selama puasa Ramadan. Selamat mencoba.