Burnout Syndrome
Rumah & Keluarga

5 Cara Alami Menghilangkan Kecemasan atau Anxiety

  •  JAKARTA - Anxiety atau kecemasan tampaknya sudah menjadi bagian dari kehidupan, dan menjadi efek samping dari kehidupan dunia yang sibuk. Namun, stres yan
Rumah & Keluarga
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Anxiety atau kecemasan tampaknya sudah menjadi bagian dari kehidupan, dan menjadi efek samping dari kehidupan dunia yang sibuk. Namun, stres yang menjadi pemicu anxiety atau kecemasan tidak semuanya buruk.

Stres dapat membuat tubuh Anda sadar akan bahaya sehingga memotivasi Anda untuk tetap bersiap dan membantu Anda menghitung risiko. Namun, ketika stres justru berulang setiap hari, inilah saat yang tepat untuk bertindak agar tidak menjadi kecemasan kronis atau lebih buruk lagi.

Apa Itu Kecemasan?

Kecemasan adalah suatu respon alami tubuh ketika berhadapan dengan stres. Kecemasan adalah perasaan takut atau khawatir yang mungkin disebabkan oleh kombinasi berbagai faktor yang menurut para peneliti berkisar dari genetika, lingkungan, hingga kondisi kimia otak.

Ada beberapa gejala umum kecemasan seperti:

  1. Peningkatan detak jantung.
  2. Pernapasan menjadi cepat.
  3. Gelisah.
  4. Kesulitan untuk berkonsentrasi.
  5. Akan tetapi, perlu diingat bahwa kecemasan dapat muncul secara berbeda pada setiap orang.

Cara Alami Mengatasi Kecemasan

Cara alami mengatasi kecemasan

Berikut beberapa cara alami untuk mengatasi kecemasan.

1. Tetap Aktif

Olahraga teratur tidak hanya menjaga kesehatan fisik Anda, tapi juga dapat sangat membantu kesehatan mental Anda. Efek anti kecemasan dari olahraga dapat berasal dari berbagai alasan, seperti mengalihkan perhatian Anda dari sesuatu yang membuat Anda cemas.

Olahraga dapat meningkatkan detak jantung Anda juga mengubah kimia otak untuk menciptakan lebih banyak ruang bagi pembawa pesan anti kecemasan, seperti serotonin, asam gamma-aminobutirat, endocannabinoid, dan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak. Menurut American Psychological Association (APA), olahraga teratur dapat meningkatkan konsentrasi dan kemauan, yang dapat membantu meringankan gejala kecemasan tertentu.

2. Hindari Konsumsi Alkohol

Meminum alkohol dalam jumlh banyak dapat mengganggu keseimbangan pembawa pesan otak yang disebut neurotransmitter yang bertanggung jawab atas kesehatan mental yang positif. Gangguan ini menimbulkan ketidakseimbangan yang dapat menimbulkan gejala kecemasan tertentu.

3. Batasi Asupan Kafein 

Kafein dapat menyebabkan rasa gugup dan gelisah, yang keduanya tidak baik jika Anda mengalami kecemasan. Selain itu, kafein dapat menyebabkan atau memperburuk gangguan kecemasan.

Tinjauan penelitian tahun 2022 terhadap 10 penelitian melaporkan bahwa kafein dapat meningkatkan kecemasan dan serangan panik pada orang dengan gangguan panik, serta pada orang dewasa yang tidak terpengaruh. Pada beberapa orang, menghilangkan akfein dapat memperbaiki gejala kecemasan secara signifikan.

4. Istirahat malam Cukup

Tidur telah terbukti berulangkali sebagai bagian penting dalam kesehatan mental yang baik. Meskipun survei tahun 2018 terhadap 400.000 orang menunjukkan bahwa hampir sepertiga orang dewasa tidur kurang dari 6 jam setiap malam, CDC merekomendasikan agar orang dewasa tidur 7 jam atau lebih setiap hari.

5. Cobalah untuk Meditasi atau Latihan Mindfulness

Tujuan utama dari meditasi adalah membantu Anda memiliki kesadaran penuh akan momen saat ini yang mencakup memperhatikan semua pikiran dengan cara yang tidak menghakimi. Hal ini juga akan membantu Anda untuk tetap tenang dan puas dengan meningkatkan kemampuan Anda untuk menoleransi semua pikiran dan perasaan dengan penuh kesadaran.

Itu tadi penjelasan mengenai cara alami menghilangkan kecemasan atau anxiety yang bisa Anda praktikkan untuk menghadapi stres sehari-hari.