Cara Ampuh Melunasi Hutang Pinjol dengan Aman
Fintech

5 Cara Ampuh Melunasi Utang Pinjol dengan Aman

  • Pinjaman online atau pinjol semakin populer dan banyak diminati karena beberapa tahun belakangan ini OJK telah memiliki beberapa daftar nama pinjol yang legal d
Fintech
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA- Pinjaman online atau pinjol semakin populer dan banyak diminati karena beberapa tahun belakangan ini OJK telah memiliki beberapa daftar nama pinjol yang legal serta menindak pinjol ilegal secara berkala.

Pinjol dianggap sebagai salah satu inovasi dari kredit konvensional di mana nasabah bisa meminjam uang dengan nominal yang cukup besar hanya melalui satu aplikasi.  Berdasarkan data dari OJK Desember 2022, dana pinjol tersalurkan ke 13,71 juta akun nasabah atau penerima dana pinjol dengan nominal angka mencapai Rp19,52 triliun.

Lima provinsi terbanyak penerima dana pinjol adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Namun perlu diketahui bahwa mengajukan pinjaman online harus memberikan informasi penting seperti NIK, foto diri dan identitas dan biasanya harus mengizinkan aplikasi untuk melacak nomor kontak di ponsel nasabah.

Oleh karena itu, penting untuk membaca syarat dan ketentuan sebelum mendaftar dan meminjam uang melalui aplikasi pinjol supaya tidak terjadi Galbay atau gagal bayar.

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara ampuh melunasi Utang pinjol. Bagi Anda yang sedang mengalami kondisi serupa, simak pembahasan berikut ini.

Lakukan Analisis Keuangan 

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika merasa kesusahan membayar pinjol adalah melakukan analisis keuangan.

Hal ini bertujuan untuk mendata aset berharga, uang yang tersisa dan skill yang bisa menambah penghasilan untuk melunasi pinjol.

Dengan melakukan analisis keuangan, Anda juga bisa menata keuangan degan melakukan input data sumber penghasilan dan dana yang keluar secara rinci.

Gunakan Dana Darurat

Setelah mengalisis keuangan, Anda bisa menggunakan dana darurat sebagai solusi untuk melunasi tagihan pinjol. 

Dana darurat dikumpulkan dan digunakan untuk keperluan yang mendesak dan tak terduga. Jadi, bagi yang tidak punya uang lebih untuk membayar tagihan pinjol, dana darurat bisa jadi solusi yang tepat.

Hindari Kredit atau Pinjaman Baru

Ketika sudah bertekad melunasi tagihan pinjol, Anda juga harus bertekad untuk menghindari tagihan pinjol di aplikasi atau pihak lain.

Karena berhutang utamanya untuk memenuhi kebutuhan pokok (konsumtif) seringkali menjadikan seseorang tidak memiliki aset dan kesulitan untuk menabung.

Tambah Penghasilan

Menambah penghasilan dengan bekerja freelance da paruh waktu menjadi salah satu solusi yang tepat dan aman tanpa menggunakan dana darurat ataupun menjual aset berharga.

Namun, Anda perlu mengatur waktu dan tenaga ketika berniat untuk menambah penghasilan dengan bekerja di tempat lain.

 

Jual Aset

Mengorbankan aset untuk dijual adalah pilihan terakhir jika tidak lagi memiliki uang untuk membayar tagihan pinjol. 

Bagi Anda yang merasa sudah tidak memiliki uang untuk membayar tagihan, jual saja aset aset dengan harga yang murah terlebih dahulu misalnya menjual barang elektronik seperti laptop, smartphone atau televisi.

Demikian penjelasan terkait cara melunasi utang pinjol dengan aman dan mudah. Lima cara di atas bisa dilakukan jika Anda konsisten. Kedepannya, Anda perlu lebih bijak dalam mengatur keuangan demi keuangan masa depan yang lebih baik.