Ponsel, iPhone, smartphone, stres, depresi
Tekno

5 Cara Atasi iPhone yang Cepat Panas Agar Tidak Rusak

  • Inilah beberapa tips untuk mengatasi iPhone yang cepat panas. Selamat mencoba!
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Anda tentu merasa tidak nyaman ketika ponsel Anda terasa panas. Apalagi ketika iPhone Anda terasa terlalu panas, maka Anda akan melihat sejumlah tanda peringatan yang perlu diwaspadai.

Selain ponsel akan terasa panas ketika disentuh, kinerja smartphone juga akan jadi lebih lambat, layar menghitam, gagal mengisi daya, atau kamera menolak untuk mengambil gambar.

Anda bahkan mungkin juga mendapatkan splash di layar yang memperingatkan suhu jika panasnya terlalu berlebihan. Saat peringatan ini muncul, Anda hanya dapat melakukan panggilan darurat sampai ponsel menjadi dingin.

Perlu diketahui bahwa panas tidak baik untuk iPhone Anda. Panas dapat merusak komponen internal, terutama baterai dan prosesor, apalagi jika ponsel dibiarkan panas terlalu lama.

Oleh karena itu, penting untuk mengatasi masalah iPhone yang panas. Berikut caranya.

Cara Mengatasi iPhone yang Cepat Panas

Cara Mengatasi iPhone yang Cepat Panas

Ketika Anda merasa iPhone sudah menjadi terlalu panas, segeralah untuk bertindak cepat untuk mencegah kerusakan komponen internalnya. Berikut caranya.

1. Tutup Semua Aplikasi di iPhone

Anda perlu meringankan beban kerja prosesor iPhone. Hal ini akan membantu mencegah ponsel menghasilkan panas berlebihan dan menguras baterai terlalu cepat. Jadi, menutup semua aplikasi harus menjadi hal pertama yang Anda lakukan.

2. Restart iPhone

Jika Anda tidak memiliki waktu atau kesabaran untuk menutup setiap aplikasi yang terbuka, Anda bisa mencoba untuk restart iPhone Anda. Langkah ini akan membantu Anda untuk menutup semua aplikasi yang terbuka secara otomatis.

3. Gunakan Pengisi Daya Resmi dari Apple

Beberapa pengisi daya atau charger tidak bermerek memang lebih murah daripada charger yang dikeluarkan oleh Apple. Akan tetapi, charger tersebut tidak dibuat dengan tepat untuk memenuhi jumlah daya yang dibutuhkan oleh iPhone Anda. 

Charger yang tidak tepat akan membebani perangkat Anda. Oleh karena itu, penting untuk segera mengganti charger menggunakan pengisi daya resmi dari Apple.

4. Aktifkan Mode Pesawat

Ketika iPhone Anda terus menerus terhubung dengan internet, hal ini bisa membuat ponsel jadi panas. Jika hal itu terjadi, Anda bisa mengaktifkan mode pesawat atau airplane untuk membantu mengatasinya.

5. Matikan Fitur Background Refresh

Fitur Background Refresh pada Apple memang memudahkan pengguna agar aplikasi yang tidak digunakan secara aktif dan belum ditutup tetap mendapatkan pembaruan dan konten baru. Namun, aktivitas di latar belakang ini dapat membuat iPhone Anda jadi mudah panas. Oleh karena itu, sebaiknya segeralah mematikan fitur tersebut.

Itu tadi beberapa tips untuk mengatasi iPhone yang cepat panas. Selamat mencoba!