<p>Pekerja memberi makan kucing di Kopi Cat Cafe by Groovy Kemang, Jakarta, Senin 1 Juni 2020. Kafe kucing tersebut akan menerapkan protokol kesehatan terkait kebijakan normal baru, salah satunya adalah mengurangi jumlah pengunjung, wajib memakai masker dan membersihkan kucing setiap satu jam sekali yang dimulai pada tanggal 5 Juni 2020 mendatang. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

5 Cara Cerdas Menghemat Uang untuk Merawat Kucing atau Hewan Peliharaan

  • Inilah beberapa cara cerdas yang bisa Anda lakukan untuk menghemat banyak uang saat memelihara hewan peliharaan, termasuk kucing.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Banyak orang saat ini memelihara hewan peliharaan di rumah, seperti kucing, anjing, sugar glider dan sebagainya. Hewan peliharaan memang sangat bagus dalam memberikan cinta dan kebahagiaan di dalam rumah, tapi Anda juga perlu memahami bahwa merawat mereka membutuhkan komitmen finansial.

Anda harus membayar biaya seumur hidup hewan peliharaan Anda, apapun situasi dan kondisi Anda saat ini. Intinya, memiliki hewan peliharaan bukan hal yang murah. Namun, ada cara untuk menghemat uang sebagai pemilik hewan peliharaan, yaitu dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

Cara Cerdas Menghemat Uang untuk Merawat Hewan Peliharaan Seperti Kucing

Cara Cerdas Menghemat Uang untuk Merawat Hewan Peliharaan Seperti Kucing

1. Beli makanan hewan merek generik

Anda dapat menghemat banyak uang dengan memilih makanan hewan generik atau makanan hewan dengan merek toko tertentu. Jika hewan peliharaan Anda seperti kucing lebih menyukai makanan tertentu, Anda bisa melakukan pencarian secara online merek toko yang setara atau tanyakan pada dokter hewan Anda.

Saat berbelanja makanan hewan yang harganya sedikit lebih murah, ada baiknya Anda tetap meluangkan waktu untuk membaca daftar bahannya. Idealnya, bahan utamanya adalah daging dan sebaiknya Anda menghindari produk daging olahan dan jagung.

2. Beli makanan untuk hewan dalam jumlah besar

Hal ini akan membantu Anda terutama jika Anda memiliki hewan peliharaan lebih dari satu.  Tidak hanya itu, membeli dalam jumlah besar sekaligus juga akan menghemat waktu Anda sehingga Anda jadi lebih jarang berbelanja.

3. Ikuti vaksinasi dan perawatan pencegahan

Banyak orang yang menganggap bahwa perawatan pencegahan adalah pengeluaran yang tidak diperlukan. Akan tetapi, hal ini perlu dilakukan karena dapat menghemat uang Anda selama masa hidup hewan peliharaan Anda.

Anda bisa mengunjungi dokter hewan untuk mencegah hewan peliharaan terkena parasit atau penyakit berbahaya yang nantinya justru membuat pengeluaran jadi semakin meningkat.

4. Jangan membeli pakaian untuk hewan peliharaan Anda

Anda mungkin pernah melihat video yang beredar di media sosial tentang hewan-hewan yang mengenakan pakaian. Hal itu memang lucu dan menggemaskan, tapi Anda juga harus menyadari bahwa pakaian hewan adalah hal yang mahal untuk dibeli.

5. Buat sendiri tempat tidur dan furnitur untuk hewan peliharaan Anda

Anda mungkin ingin membeli berbagai perlengkapan untuk hewan peliharaan termasuk tempat tidur dan furnitur. Namun ternyata, hal tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Padahal, Anda juga bisa membuat ruang yang nyaman untuk hewan peliharaan Anda dengan membuat furnitur sendiri. 

Itu tadi beberapa cara cerdas yang bisa Anda lakukan untuk menghemat banyak uang saat memelihara hewan peliharaan, termasuk kucing. Selamat mencoba!