iPhone 14 Warna Kuning Resmi Rilis! Cek Harganya di Sini
Tekno

5 Cara Efektif Menjaga Battery Health iPhone Tetap 100% dan Awet

  • Inilah beberapa cara menjaga battery health iPhone agar tetap 100% dalam waktu yang lama dan awet. Selamat mencoba.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - iPhone adalah salah satu smartphone yang selalu digemari banyak pengguna. Namun, tidak jarang juga para pengguna yang mengeluh mengenai battery health iPhone. Tidak jarang juga para pengguna yang mencari tahu cara menjaga battery health iPhone agar tetap 100% dan awet tahan lama.

Meski begitu, Anda tetap perlu mengetahui bahwa setiap baterai akan habis seiring berjalannya waktu. Baterai ponsel, laptop, bahkan kendaraan listrik juga akan habis seiring waktu. Masalahnya adalah beberapa pengguna menyadari bahwa baterai ponsel mereka lebih cepat habis daripada yang lain. 

Bagi Anda yang ingin mengelola battery health iPhone agar tetap 100% dan awet, berikut cara yang bisa Anda lakukan.

5 Cara Efektif Menjaga Battery Health iPhone Tetap 100%

5 Cara Efektif Menjaga Battery Health iPhone Tetap 100%

1. Gunakan pengisi daya atau charger Apple yang resmi atau bersertifikat

Saat ini memang tersedia ponsel baru tanpa disediakan pengisi daya di dalam kotak. Oleh karena itu, banyak pengguna yang cenderung menggunakan pengisi daya pihak ketika untuk mengisi daya ponsel mereka.

Kebanyakan, merek charger pihak ketiga ini memang lebih murah daripada charger resmi Apple. Namun, demi menjaga battery health iPhone Anda, sebaiknya gunakan charger bersertifikasi Apple.

2. Gunakan Charger Nirkabel MagSafe

Beberapa pengguna mungkin memiliki kebiasaan mengisi daya semalaman. Meski hal itu tidak dianjurkan, tampaknya kebiasaan ini sulit untuk dihentikan.

Jika Anda salah satu dari pengguna yang tidak menghentikan mengisi daya semalaman, Anda bisa menggunakan charger nirkabel Apple MagSafe yang resmi. Charger wireless ini mengisi daya lebih lambat daripada charger dengan kabel karena menggunakan gulungan kabel untuk menghasilkan medan elektromagnetik. 

3. Jaga kapasitas baterai

Pastikan level baterai Anda harus selalu antara 20 sampai 80%. Hal ini adalah poin yang sangat penting untuk diperhatikan agar battery health iPhone Anda tetap 100% dalam waktu yang lama.

4. Jangan biarkan ponsel menjadi panas

Hindari membuat ponsel terpapar pada suhu yang panas. Hal ini karena bahan kimia yang digunakan dalam baterai Lithium pada ponsel dapat bereaksi terhadap perubahan suhu. Ketika baterai mulai menurun karena panas, umur baterai secara otomatis menjadi pendek karena reaksi kimia di dalam baterai.

5. Aktifkan opsi ‘Optimized Battery Charging’

Opsi ini dapat Anda pilih terutama jika Anda tidak memiliki charger wireless tapi ingin tetap mengisi daya ponsel dalam semalam. Fitur ini akan memantau penggunaan dan rutinitas pengisian daya yang Anda lakukan untuk. mengelola cara Anda mengisi daya baterai. Dengan demikian, opsi ini akan membantu menjaga battery health iPhone secara maksimal.

Fitur ini berfungsi dengan membiarkan ponsel mengisi daya hingga 80% dan kemudian menjeda proses pengisian daya. Karena telah mengamati pola penggunaan Anda, opsi ini dapat memprediksi waktu Anda akan mencabut ponsel dari pengisian daya. 

Itu tadi beberapa cara menjaga battery health iPhone agar tetap 100% dalam waktu yang lama dan awet. Selamat mencoba.