Inilah Trik Supermarket Agar Anda Berbelanja Lebih Banyak
Gaya Hidup

5 Cara Hemat Menjalani Gaya Hidup Sehat

  • Inilah beberapa cara mudah dah hemat untuk menerapkan gaya hidup yang sehat. Selamat mencoba!
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Menjadi orang dewasa Anda tentu harus siap dengan segala konsekuensi yang mengiringinya, yaitu bertanggung jawab atas kebutuhan hidup sehari-hari. Padahal kehidupan sehari-hari kita sudah dipusingkan dengan berbagai pengeluaran, membayar utang, membangun dana darurat, hingga berinvestasi untuk masa pensiun. 

Tetap bisa menerapkan gaya hidup sehat kadang-kadang dapat mengesampingkan semua hal lain yang harus kita tangani. Padahal, kita sebetulnya tetap bisa berhemat sambil menerapkan gaya hidup yang sehat. Berikut penjelasannya.

5 Cara Mudah dan Cerdas Terapkan Gaya Hidup Sehat dengan Hemat

1. Merencanakan menu makan

Cara mudah dan cerdas menerapkan gaya hidup sehat dengan hemat: Merencanakan menu makan

Meal prepping adalah hal yang bisa Anda lakukan agar Anda terus berkomitmen menjalani gaya hidup yang sehat. Menyiapkan makanan sebelumnya juga menjadi cara yang tepat untuk menghemat uang sekaligus menyiapkan makanan sehat dan lezat setiap hari. 

Anda bisa memulai dengan rencana makan selama seminggu yang dibuat ketika Anda sedang libur. Anda akan tahu persis makanan apa yang akan Anda makan pada hari tertentu. Dengan meal prepping, maka Anda akan menghemat waktu, hemat uang, sekaligus tetap menerapkan gaya hidup yang sehat.

2. Siapkan daftar belanjaan dan patuhi

Cara mudah dan cerdas menerapkan gaya hidup sehat dengan hemat: Siapkan daftar belanjaan dan patuhi

Saat Anda ingin menghemat uang untuk mengonsumsi makanan yang sehat dengan merencanakan menu makan Anda, Anda perlu menyiapkan daftar belanja bahan makanan. Selain itu, Anda juga perlu disiplin untuk mematuhinya. 

3. Cobalah menanam sayuran di halaman rumah

Cara mudah dan cerdas menerapkan gaya hidup sehat dengan hemat: Cobalah menanam sayuran di halaman rumah

Jika memungkinkan, Anda bisa menanam buah dan sayuran Anda sendiri untuk menghemat uang. Selain bisa menghemat uang, Anda bisa memiliki produk sayuran segar di sekitar rumah Anda. 

4. Makan di rumah

Cara mudah dan cerdas menerapkan gaya hidup sehat dengan hemat: Makan di rumah

Ketika Anda membagi biaya makanan per porsi, makan masakan rumahan bisa sama dengan hampir setengah harga makanan di restoran atau makanan yang dibeli dari warung makan. Meski begitu, pastikan saat memilih bahan makanan untuk menu makan Anda, Anda harus fokus pada makanan yang terbuat dari bahan utuh yang belum diproses yang dapat dengan mudah Anda temukan di toko bahan makanan.

5. Olahraga gratis

Cara mudah dan cerdas menerapkan gaya hidup sehat dengan hemat: Olahraga gratis

Berolahraga adalah salah satu hal penting dalam gaya hidup sehat.  Anda tidak perlu membayar keanggotaan gym atau kelas kebugaran.

Jika Anda memiliki sepasang sepatu kets atau sepeda, Anda bisa mulai jalan kaki di sekitar rumah, jogging, atau bersepeda.

Itu tadi beberapa cara mudah dah hemat untuk menerapkan gaya hidup yang sehat. Selamat mencoba!