Ilustrasi edukasi keuangan. (Freepik.com/our-team)
Gaya Hidup

5 Cara Melawan Inflasi dengan Gaya Hidup Frugal Living

  • Inilah beberapa cara menerapkan gaya hidup frugal living agar Anda bisa melawan inflasi yang membuat biaya hidup jadi naik.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Inflasi dapat menimbulkan efek pada keuangan Anda. 

Dengan adanya inflasi, maka daya beli Anda juga akan berkurang dan terkikis untuk waktu yang lama. Anda mungkin juga sempat merasakan harga bahan makanan serta BBM yang mengalami kenaikan.

Biaya hidup tampaknya meningkat dengan cepat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu mencari cara untuk berhemat, salah satunya dengan menerapkan gaya hidup frugal living atau gaya hidup sederhana untuk melawan inflasi. Berikut penjelasannya.

Cara Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living untuk Melawan Inflasi

1. Buat rencana makan

Cara menerapkan gaya frugal living untuk melawan inflasi: buat rencana makan

Cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang dimasak di rumah dan membawa bekal ketika bekerja atau bersekolah. Meski begitu, ide tersebut harus didukung dengan membuat rencana makan.

Anda bisa mulai membuat rencana makan mingguan sehingga Anda akan tahu menu apa saja yang bisa Anda masak dan dikonsumsi ketika pagi hari atau malam hari. Anda bahkan dapat menulis rencana makan setiap minggu dan mengembangkan beberapa pilihan makanan untuk membuatnya terasa lebih mudah.

2. Kurangi kebiasaan membuang makanan

Cara menerapkan gaya frugal living untuk melawan inflasi: kurangi kebiasaan membuang makanan

Perencanaan makan akan membantu Anda mengurangi kebiasaan membuang makanan. Seperti yang Anda ketahui, bahan makanan harganya terus naik. Dengan selalu merencanakan makanan Anda setiap minggu, Anda akan selalu dapat menghemat pengeluaran dan tidak membuang makanan yang tersisa.

3. Turunkan tagihan paket internet

Cara menerapkan gaya frugal living untuk melawan inflasi: turunkan tagihan paket internet

Saat ini kebanyakan orang menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi dan melakukan kegiatan sehari-hari. Smartphone pada umumnya akan membutuhkan jaringan internet agar bisa terus bekerja.

Namun, memiliki smartphone bukan berarti Anda harus membayar banyak uang untuk paket internet setiap bulan. Anda bisa menghematnya dengan memanfaatkan paket prabayar, menggunakan wi-fi di kantor, menghemat pemakaian untuk hal-hal yang kurang diperlukan seperti membuka media sosial. 

4. Pangkas tagihan utilitas

Cara menerapkan gaya frugal living untuk melawan inflasi: pangkas tagihan utilitas

Biaya perawatan perabotan yang ada di dalam rumah tentu tidak murah dan tidak sedikit. Anda bisa menghemat biaya perawatan ini dengan merawat setiap barang secara hati-hati dan cermat. Selain menghemat pengeluaran untuk merawat barang, barang Anda juga jadi lebih awet sehingga menurunkan frekuensi Anda untuk membeli barang-barang baru.

5. Mengurangi pembelian bensin atau BBM

Cara menerapkan gaya frugal living untuk melawan inflasi: mengurangi pembelian bensin atau BBM

Untuk menerapkan gaya hidup frugal living, Anda juga harus cermat dengan lebih memikirkan rute perjalanan Anda saat akan mengendarai mobil atau motor dan kendaraan pribadi lainnya. Pastikan rute perjalanan yang Anda tempuh adalah jarak terdekat, atau tidak bolak balik akibat ketinggalan suatu barang. 

Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan perjalanan Anda misalnya membawa mobil untuk bekerja sekaligus mengantar anak sekolah, dan membatasi berkeliling menggunakan kendaraan pribadi tanpa keperluan yang mendesak.

Itu tadi beberapa cara menerapkan gaya hidup frugal living agar Anda bisa melawan inflasi yang membuat biaya hidup jadi naik.