Photo by Gustavo Fring: https://www.pexels.com/photo/photo-of-couple-smiling-while-looking-at-each-other-4148992/
Rumah & Keluarga

5 Cara Memberikan Dukungan Emosional untuk Pasangan Anda

  • Pasangan yang memberikan dukungan emosional mampu membantu individu mengatasi trauma dan kesulitan dalam hidup mereka.
Rumah & Keluarga
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Pasangan yang saling mendukung dapat memberikan kekuatan kepada satu sama lain untuk menghadapi tantangan hidup. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa individu yang merasa didukung oleh pasangan mereka cenderung memiliki tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi dan mengalami stres yang lebih rendah. 

Selain itu, sebuah penelitian dalam Journal of Family Psychology menemukan bahwa pasangan yang memberikan dukungan emosional mampu membantu individu mengatasi trauma dan kesulitan dalam hidup mereka. 

Berikut ini TrenAsia.com merangkum dari laman webiste resmi Very Well Mind 5 cara memberikan dukungan emosional untuk pasangan Anda:

1. Dengarkan Pasangan Anda 

Ketika pasangan Anda terbuka kepada Anda, penting untuk bersikap mendengarkan dan memperhatikan secara penuh. Memang mudah untuk mengalihkan perhatian terutama ketika kita menjalani kehidupan yang begitu sibuk. Namun penting bagi pasangan Anda untuk mendapatkan perhatian penuh. 

Jika Anda tidak mendengarkan dengan sungguh-sungguh, Anda mungkin akan kehilangan informasi penting yang membuat pasangan Anda merasa Anda tidak tertarik atau tidak peduli dengan pikiran dan perasaanya. 

2. Tanyakan Apa yang Mereka Butuhkan 

Jika Anda tidak yakin apa yang mereka butuhkan, Anda dapat menanyakan secara langsung. Pertanyaan yang tepat untuk meminta klarifikasi bisa seperti "Kamu lebih memilih kenyamanan atau solusi saat ini?"

Jika mereka hanya ingin curhat, mereka mungkin tidak siap menerima atau menghargai nasihat dan akan merasa kesal karena merasa tidak didengarkan. 

3. Tanggapi Masalah Mereka dengan Serius 

Apapun yang pasangan Anda alami atau perjuangkan, penting untuk menganggapnya serius dan merespon dengan empati, perhatian dan kasih sayang. Bahkan jika itu bukan sesuatu yang bagi Anda pribadi adalah masalah besar. Hal itu mungkin bagi pasangan Anda adalah masalah besar. 

4. Tawarkan Kasih Sayang Fisik 

Kasih sayang fisik akan diinginkan atau bermanfaat tergantung pada orang dan situasinya. Bagi sebagian orang, kasih sayang fisik mungkin akan membuat mereka merasa nyaman. Lakukan sesuatu yang sederhana seperti memegang tangan mereka saat sedang berbicara dengan Anda. 

Peluk mereka saat mereka sedang berjuang. Tawarkan kasih sayang fisik dengan mengajukan pertanyaan seperti "Bolehkan aku memegang tanganmu atau mengusap punggungmu saat kamu berbicara?" 

5. Berikan Tindakan yang Berarti 

Ketika pasangan Anda sedang berjuang, mereka mungkin merasa sulit untuk melaksanakan tanggung jawab dan tugas sehari-hari yang biasa. Meskipun mendengarkan pasangan Anda itu penting, beberapa orang menghargai tindakan nyata seperti melakukan beberapa tugas yang mungkin tidak mereka sukai.  

Lakukan tindakan yang berarti untuk mereka seperti menawarkan untuk melakukan tugas mereka, mengambilkan makanan favorit mereka, atau membawa bunga dan hadiah sederhana agar mereka tahu bahwa Anda memikirkan mereka dan bahwa Anda peduli dengan mereka. 

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 5 cara memberikan dukungan emosional untuk pasangan Anda.  Semoga bermanfaat!