Photo by Ron Lach : https://www.pexels.com/photo/grandfather-and-grandson-walking-home-10397935/
Gaya Hidup

5 Cara Membuat Rumah Anda jadi Tempat yang Aman untuk Masa Tua

  • Pernahkah Anda berfikir apakah rumah Anda sudah cukup aman untuk Anda tinggali saat tua nanti?
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Orang tua tak berbeda jauh dengan anak kecil. Tubuh yan renta, penglihatan dan pendengaran yang terbatas dan tenaga yang mudah melemah.

Ketika melihat rumah Anda, pernahkah Anda berfikir apakah rumah Anda sudah cukup aman untuk Anda tinggali saat tua nanti?

Melansir dari laman Washingtonpost, berikut adalah langkah untuk membuat rumah Anda menjadi tempat yang aman untuk masa tua

1. Tidak ada area bertingkat di pintu masuk

Saat Anda sudah menua, badan Anda mungkin tidak sekuat sekarang dan tidak memungkinkan Anda membutuhkan kursi roda atau tongkat pembantu untuk berpindah kemana-mana.

Keberadaan area bertingkat di pintu masuk tentu menyulitkan langkah Anda.

2. Memperluas pintu

Selain mudah untuk memasukkan furnitur baru ke dalam rumah, pintu yang lebar juga menyediakan akses alat bantu jalan seperti kursi roda. Pintu Anda sebaiknya memiliki lebar tidak kurang dari 34 inci, jika bisa 36 inci malah lebih baik.

Kursi roda memiliki lebar yang bervarasi yaitu mulai dari 25 hingga 36 inci. Lorong ruangan yang luas juga akan membantu meringankan beban Anda saat berjalan.

3. Pilih lantai dengan perawatan yang mudah

Kenyamanan dan perawatan yang mudah harus menjadi perhatian utama saat memilih lantai. Seiring bertambahnya usia, gaya berjalan dan kemampuan seseorang untuk mengangkat kaki akan berubah. Tak sedikit orang yang menderita radang sendi di usia tua mereka.

Karpet mungkin lembut dan bisa memberikan kenyamanan untuk Anda, tetapi sulit untuk menjaga kebersihan karpet. Kayu yang keras memang mengkilap bagus dan mudah dibersihkan namun berpotensi membuat Anda tergelincir.

4. Semakin terang semakin baik

Orang berusia 60 tahun yang sehat membutuhkan cahaya dua kali lebih banyak untuk membaca dibandingkan orang yang berusia 20 tahun.

Tak hanya itu, cahaya alami juga membantu meningkatkan suasana hati dan melawan depresi.

Idealnya ruangan Anda harus memiliki banyak jendela dan pintu kaca untuk membawa sinar matahari ke area tempat duduk Anda.

Lapisan warna cat juga bisa membantu. Warna cat yang gelap membuat sinar matahari berkurang dan warna cat yang terang akan secara otomatis memantulkan cahaya untuk menciptakan ruangan yang lebih terang.

5. Warna kontras akan menjadi teman terbaik Anda

Orang tua sulit membedakan warna dan garis luar objek. Mata orang tua lebih sensitif terhadap silau dan butuh waktu lebih lama untuk beradaptasi dengan sinar matahari serta kegelapan.

Agar mudah dilihat pilih warna atau bahan meja yang sangat berbeda dengan lantai Anda. Tak hanya meja, furnitur dengan warna yang sama dengan dinding juga sebaiknya Anda buat kontras.

Berikut tadi adalah 5 cara untuk membuat rumah Anda menjadi tempat yang aman untuk masa tua, semoga bermanfaat!