Praktis! Ini Cara Kirim Pesan dan Telepon di WhatsApp Tanpa Menyentuh Ponsel Sama Sekali
Tekno

5 Cara Memperpanjang Battery Life pada Ponsel Android Agar HP Tetap Awet

  • Inilah cara memperpanjang masa pakai baterai atau battery health ponsel Android. Selamat mencoba.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tidak hanya iPhone, ponsel Android juga cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Hal ini karena ponsel Android cukup mudah dan terjangkau untuk didapatkan dengan berbagai spesifikasi dan range harga yang bervariasi.

Namun, ada hal penting yang perlu dilakukan untuk membuat ponsel Android tetap awet yaitu dengan memperpanjang battery life atau masa pakai baterai. Bagi Anda yang ingin mengetahui caranya, simak penjelasan berikut ini.

5 Cara Memperpanjang Battery Life pada Ponsel Android 

5 Cara Memperpanjang Battery Life pada Ponsel Android 

1. Aktifkan mode hemat daya

Cara tercepat untuk menghemat baterai ponsel Android adalah dengan mengaktifkan mode hemat daya atau Battery Saver. Anda juga bisa mematikan fitur Always on Display, mengurangi kecerahan hingga 10% dan membatasi aplikasi dan home screen.

2. Matikan layanan lokasi

Salah satu cara paling efektif untuk menghemat masa pakai baterai di ponsel Android adalah dengan mematikan fitur lokasi. Anda juga bisa mencabut izin akses lokasi pada aplikasi yang tidak memerlukannya setiap saat.

3. Beralih ke dark mode

Jika ponsel Anda memiliki layar AMOLED, pilihlah ke tema dark mode untuk memperpanjang masa pakai baterai. Hal ini karena layar AMOLED dapat menonaktifkan individual pixel dengan warna hitam pekat memungkinkan ponsel hanya mengonsumsi lebih sedikit daya.

4. Matikan Wi-FI

Sejak pembaruan sistem operasi Android Oreo, Android hadir dengan fitur yang terus mencari jaringan Wi-Fi bahkan ketika Anda sudah menonaktifkan Wi-Fi. Hal ini karena layanan dapat terus berjalan tanpa henti di latar belakang sehingga akan menyedot baterai secara diam-diam.

5. Batasi aplikasi yang masih berjalan di latar belakang

Sebagian besar aplikasi yang Anda gunakan tetap aktif meski Anda sudah keluar dari aplikasi tersebut. Hal inilah yang membuat baterai ponsel Android tersedot dengan cepat. Oleh karena itu, cobalah untuk membatasi penggunaan aplikasi di latar belakang agar baterai ponsel Android Anda tetap awet.

Itu tadi beberapa cara memperpanjang masa pakai baterai atau battery health ponsel Android. Selamat mencoba.