Ilustrasi dua wanita sedang menikmati hidangan lebaran
Gaya Hidup

5 Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan Setelah Lebaran, Waspada Kegemukan!

  • Inilah beberapa cara mencegah kenaikan berat badan saat Lebaran untuk mencegah terjadinya kegemukan.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pada saat Idulfitri, masyarakat Indonesia biasanya mengonsumsi berbagai masakan khas Indonesia, contohnya opor ayam, ketupat, dan sebagainya bersama dengan keluarga besar. Setelah menjalani ibadah puasa selama kurang lebih 30 hari, momen Lebaran ini sering dimanfaatkan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan karena sudah tidak puasa lagi.

Padalah, saat bulan puasa Ramadan, Anda telah membatasi diri untuk tidak makan banyak selama sebulan. Hal ini bukan berarti boleh makan berlebihan di Hari Raya.

Sebagian besar dari kita menikmati makanan pada Idulfitri secara berlebihan dan akhirnya menambah berat badan. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan beberapa cara berikut ini untuk mencegah kenaikan berat badan setelah Lebaran.

Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan Setelah Lebaran Agar Tidak Mudah Gemuk

Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan Setelah Lebaran Agar Tidak Mudah Gemuk

1. Makan secukupnya

Saat Lebaran tiba, jangan mengisi perut dengan banyak makanan, usahakan tetap makan secukupnya saja. Anda harus menghindari makan secara berlebihan atau jika tidak maka tubuh Anda bisa mengalami kenaikan berat badan.

2. Hindari makanan yang digoreng

Saat Lebaran sudah saatnya Anda menghindari gorengan. Gorengan sendiri adalah makanan yang kurang sehat dan tinggi kalori.

3. Hindari konsumsi makanan penutup

Makanan penutup atau dessert biasanya mengandung banyak gula. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin berat badan jadi bertambah, Anda harus mengatur dan melewatkan makanan penutup.

4. Hindari mengonsumsi soda atau minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi seperti soda ternyata menjadi salah satu penyebab terjadinya pertambahan berat badan. Oleh karena itu, pastikan ketika Anda disodori minuman bersoda atau berkarbonasi, Anda menolaknya.

5. Jalan kaki

Pada Idulfitri, aktivitas fisik menjadi terbatas dan sesi duduk bersama keluarga lama-lama meningkat. Hal ini dapat menimbulkan kenaikan berat badan, apalagi jika diselingi dengan mengonsumsi camilan. Anda bisa menyiasatinya dengan kembali aktif secara fisik salah satunya dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit.

Itu tadi beberapa cara mencegah kenaikan berat badan saat Lebaran untuk mencegah terjadinya kegemukan.