Aplikasi Tokopedia
Industri

5 Cara Mendapatkan Passive Income dari Tokopedia Tanpa Harus Menjadi Merchant

  • Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan passive income dari platform e-commerce Tokopedia.
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan passive income dari platform e-commerce Tokopedia.

Head of Sales Operations and Products (Digital Goods) Tokopedia Yosep Aditya Susanto memaparkan, setidaknya ada lima cara untuk mendapatkan passive income dari platform yang dikelolanya. .

1. Investasi Savings Bond Ritel (SBR) Seri SBR011

SBR011 adalah salah salah satu jenis Surat Berharga Negara (SBN) yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah dengan masa penawaran hingga 16 Juni 2022. SBR011 bisa dibeli mulai dari Rp1 juta dengan tenor dua tahun.

Dikatakan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu) Luky Alfirman, SBR011 sangat cocok untuk pemula dengan risiko yang rendah. Proses pemesanannya pun bisa dilakukan melalui platform e-commerce.

"Masyarakat pun bisa ikut berkontribusi dalam pembangunan negara," ujar Luky dikutip dari keterangan tertulis, Senin, 30 Mei 2022.

Yosep mengatakan, calon investor dapat melakukan pembayaran SBR011 lewat fitur Modul Penerimaan Negara (MPN) di Loket Pajak Tokopedia setelah mendaftarkan diri dan melakukan pemesanan.

Ia menambahkan, selama tahun 2021, nilai transaksi melalui fitur MPN di Tokopedia mengalami peningkatan lebih dari 300% dibandingkan tahun 2020.

2. Investasi reksa dana

Pengguna bisa mendaftar dan berinvestasi di Tokopedia Reksa Dana mulai dari Rp10 ribu dan memperoleh potensi keuntungan hingga 8,5% pertahun.

“Ada pula fitur Langganan yang memungkinkan investor mencapai target investasi dengan menentukan nominal dan jadwal investasi sesuai kebutuhan,” papar Yosep.

3. Menabung emas

Dalam tiga tahun terakhir, Tokopedia Emas mencatat jumlah pengguna yang terus mengalami pertumbuhan, bahkan saat pandemi berlangsung. Pengguna Tokopedia bisa mulai berinvestasi emas mulai dari Rp5 ribu.

4. Bergabung di program Tokopedia Affiliate

Pengguna yang bergabung di program Tokopedia Affiliate bisa mendapatkan komisi hingga 10% perpenjualan dengan mempromosikan produk yang ada di Tokopedia dengan membagikan tautan.

“Selain meraih penghasilan tambahan, manfaat lain yang bisa didapatkan dari mengikuti program Tokopedia Affiliate adalah akses terhadap Akademi Kreator Tokopedia. Wadah belajar tersebut memungkinkan kreator konten pemula untuk mendapatkan ilmu dan wawasan dari kreator konten berpengalaman,” kata Yosep.

5. Menjadi vlogger

Masih berhubungan dengan program Tokopedia Affiliate, pengguna juga bisa membuat ulasan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui vlog yang diunggah di media sosial.

Pengguna pun bisa memperoleh uang tambahan di samping komisi Tokopedia apabila video diunggah di kanal yang bisa dimonetisasi berdasarkan jumlah penonton.

“Masyarakat dapat mempelajari kiat membuat video yang menarik dengan tingkat engagement tinggi lewat Akademi Kreator Tokopedia atau mengikuti kursus online dari mitra strategis di Tokopedia Belajar,” pungkas Yosep.