laptop
Gaya Hidup

5 Cara Menemukan Pekerjaan yang Sesuai dengan Hidup Anda

  • Inilah beberapa cara untuk menemukan karier yang sesuai dengan tujuan hidup Anda. Selamat mencoba.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Saat mencari tahu apa yang ingin Anda lakukan dengan hidup Anda, Anda harus mempertimbangkan semua aspek kehidupan, bukan hanya soal kehidupan profesional saja. Kehidupan pribadi, keluarga, dan komitmen lainnya sangat berperan dalam memutuskan karier yang tepat untuk Anda.

Karier atau pekerjaan akan sangat memengaruhi setiap aspek kehidupan Anda sehingga tidak ada jawaban yang cocok bagi semua orang. Akan tetapi, Anda tetap bisa melakukan pendekatan dan pertimbangan semua aspek kehidupan agar karier yang Anda pilih sesuai dengan diri Anda. Berikut caranya.

Cara Menemukan Pekerjaan yang Sesuai dengan Hidup dan Diri Anda

Cara Menemukan Pekerjaan yang Sesuai dengan Hidup dan Diri Anda

Apapun tahapan karier Anda saat ini, tidak ada kata terlambat untuk membangun karier yang sesuai dengan tujuan gaya hidup Anda, daripada harus selalu berusaha menyesuaikan hidup dengan tanggung jawab karier Anda.

Untuk menemukan kecocokan karier, pertimbangkan apa yang paling penting bagi Anda di beberapa aspek sebagai berikut.

1. Karier yang memungkinkan Anda memprioritaskan hubungan

Tujuan ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui apa saja hal-hal yang tidak bisa dinegosiasikan seperti harus merawat orang tua yang sudah lanjut usia, kemudian tambahkan beberapa kesempatan bagus untuk dimiliki ke dalam daftar Anda.

2. Karier yang mendukung preferensi lokasi kerja

Penting untuk selalu mempertimbangkan preferensi geografis saat Anda memilih karier. Jika karier Anda saat ini tidak mengakomodasi preferensi geografis, maka mungkin Anda dapat mengeksplorasi bagaimana keterampilan Anda dapat ditransfer ke pekerjaan baru yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dengan lebih baik.

3. Karier yang mendukung Anda untuk fleksibel

Apakah Anda memerlukan pekerjaan yang bisa dilakukan di mana saja tanpa adanya persyaratan lokasi? Jika iya, maka Anda bisa mencoba karier yang mendukung tujuan atau kebutuhan Anda tersebut.

4. Karier yang mendorong Anda untuk berkembang

Pertimbangkan preferensi Anda tentang jenis lingkungan kerja yang dapat Anda kuasai. Untuk menjadi produktif dan sukses dalam karier Anda, Anda juga harus memiliki lingkungan yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

5. Karier yang meningkatkan kesejahteraan Anda

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih karier, salah satunya apakah jabatan dan perusahaan dapat mendukung kesejahteraan Anda secara keseluruhan atau tidak. Pekerjaan penuh tekanan dapat mengganggu kesehatan mental atau fisik dalam jangka panjang, terlepas dari gaji atau jabatan yang menyertainya.

Itu tadi beberapa cara untuk menemukan karier yang sesuai dengan tujuan hidup Anda. Selamat mencoba.