<p>Inilah cara mudah menghilangkan stres berlebihan/freepik.com</p>
Gaya Hidup

5 Cara Mengelola Stres di Masa Pandemi Agar Hidup Lebih Sehat

  • Psikolog klinis Amy Sullivan menekankan pentingnya mengelola stres di masa pandemi. Dia merilis setidaknya lima langkah yang bisa dilakukan atau dipraktikkan.
Gaya Hidup
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA - Pandemi COVID-19 yang tak kunjung mereda, membuat banyak orang makin tertekan. Berbagai aturan pembatasan aktivitas juga memaksa orang tetap tinggal di rumah. 

Di sisi lain, tsunami informasi seputar COVID-19 yang dirilis setiap hari sering membuat orang makin tegang.

Secara psikologis, gempuran informasi dan realitas seputar COVID-19 membuat banyak orang menjadi bingung, cemas, dan takut.

Bahkan ketika orang mampu mengelola tingkat kecemasan itu dengan baik, masih banyak situasi lain yang dihadapi. Misalnya risiko finansial, kesehatan, dan juga pekerjaan.

Dikutip dari Cleveland Clinic, psikolog klinis Amy Sullivan menekankan pentingnya mengelola stres di masa pandemi. Dia merilis setidaknya lima langkah yang bisa dilakukan atau dipraktikkan untuk menekan stres agar hidup lebih sehat.

1. Berolahraga secara teratur

Sementara gym ditutup dan aturan jarak sosial diberlakukan, masih mungkin untuk melakukan latihan aerobik, seperti berjalan, berlari, hiking atau bermain dengan anak-anak atau hewan peliharaan Anda di rumah.

Hal-hal itu dapat membantu melepaskan endorfin, yaitu zat alami yang membantu Anda merasa lebih baik dan mempertahankan sikap positif.

Ada juga latihan lain yang dapat Anda lakukan dalam kenyamanan rumah Anda sendiri. Yoga dan peregangan adalah salah satu cara untuk melatih tubuh dan menenangkan pikiran. Aktivitas ini juga mudah dilakukan sendiri di rumah.

2. Pola makan yang sehat

Stres dapat mempengaruhi kebiasaan makan dan metabolisme tubuh seseorang.

Cara terbaik untuk memerangi stres atau  tingkat emosional adalah dengan memperhatikan apa yang memicu stres dan bersiap untuk melawan dorongan tersebut.

Menjaga cemilan sehat akan membantu menyehatkan tubuh, mempersenjatai diri Anda dengan nutrisi untuk mengatasi stres Anda dengan lebih baik.

Satu hal yang tak boleh dilupakan yaitu mengatur gula darah Anda sepanjang hari akan membuat tubuh Anda stabil dan emosi Anda lebih baik.

3. Istirahat yang cukup

Sebagai manusia, Anda menginginkan kendali atas hidup dan dalam situasi pandemi COVID-19 kadang harus belajar mengelola kurangnya kendali.

Meskipun penting untuk tetap mendapat informasi tentang berita dan perkembangan terbaru, sifat berita yang terus berkembang bisa menjadi luar biasa.

Karena itu, Anda perlu menemukan keseimbangan paparan berita yang cocok atau relevan untuk Anda. Ini sangat penting terutama bagi anak-anak.

Mereka perlu dibatasi paparan ke media dan memberikan informasi yang sesuai dengan usia mereka. Jika memungkinkan, putuskan sambungan secara fisik dan mental.

4. Tetap terhubung dengan orang lain

Hal yang penting juga dilakukan untuk mengelola stres akibat tekanan pandemi adalah memastikan tetap terhubung dengan orang lain di sekitar Anda.

Pasalnya, ketakutan dan isolasi dapat menyebabkan depresi dan kecemasan. Kita perlu membuat titik untuk terhubung dengan orang lain secara teratur.

Berinteraksi dengan anggota keluarga, teman, dan kolega secara teratur melalui telepon, WhatsApp, atau platform virtual lainnya sangat membantu menurunkan stres.

5. Tidur yang berkualitas

Lingkungan berita yang selalu berubah dapat menciptakan banyak stres yang semakin meningkat ketika Anda tidak cukup tidur, apalagi kelelahan akibat tekanan kerja.

Sangat penting sekarang untuk mendapatkan jumlah tidur yang disarankan untuk membantu Anda tetap fokus pada pekerjaan dan mengelola stres yang dapat ditimbulkan oleh wabah saat ini.

Hindari stimulan seperti alkohol, kafein dan nikotin sebelum tidur sehingga waktu tidur Anda benar-benar berkualitas.

Hal ini untuk memastikan bahwa besok pagi Anda kembali bangun dengan energi yang positif untuk bekerja penuh optimis.*