happy-employees-1024x683.jpg
Rumah & Keluarga

5 Cara Sederhana Membuat Suasana Kantor Senyaman Rumah

  • Menciptakan suasana kerja yang mirip dengan rumah dapat memberikan pengalaman kerja yang lebih menyenangkan dan bermakna. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup kerja karyawan, yang pada akhirnya akan menciptakan atmosfer positif di seluruh organisasi.
Rumah & Keluarga
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Membuat suasana kantor senyaman rumah menjadi suatu hal penting karena berbagai alasan yang dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan dan produktivitas perusahaan secara keseluruhan.

Suasana kantor yang nyaman dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional karyawan. Hal ini akan berdampak pada kreativitas dan inovasi karyawan. 

Menciptakan suasana kerja yang mirip dengan rumah dapat memberikan pengalaman kerja yang lebih menyenangkan dan bermakna. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup kerja karyawan, yang pada akhirnya akan menciptakan atmosfer positif di seluruh organisasi.

Berikut ini TrenAsia.com merangkum lima cara sederhana untuk membuat suasana kantor senyaman rumah. 

1. Menyelenggarakan 'Lunch and Learns' 

Sediakan waktu satu jam sekali sebulan bagi karyawan untuk berbagi keterampilan dan passion unik mereka melalui kegiatan "Lunch and Learns" saat makan siang. 

Anda dapat mendorong anggota tim untuk mengajar workshop tentang apa pun mulai dari dasar-dasar pemrograman hingga origami, pelajaran bahasa asing hingga kerajinan DIY.

Manfaatnya jelas, acara-acara semacam ini meningkatkan keterlibatan karyawan, memfasilitasi berbagi pengetahuan dan kolaborasi lintas tim, dan mempromosikan budaya persatuan, pembelajaran, dan pengembangan pribadi.

2. Menawarkan Fleksibilitas

Fleksibilitas mungkin tampak sederhana namun dampaknya bisa sangat berguna dalam menciptakan dan mempertahankan tim yang bersedia melakukan usaha lebih. 

Hal ini terutama semakin menjadi perhatian banyak orang sejak era kerja hybrid pasca-Covid ini. Memperlakukan karyawan seperti orang dewasa dan membuat penyesuaian untuk kehidupan dan kebutuhan mereka mungkin cukup mengganggu bagi beberapa bos, namun Anda sendiri pun tahu jika hal ini penting untuk diberikan. 

Membiarkan orang mulai bekerja terlambat atau pulang lebih awal, atau memahami bahwa kadang-kadang ada hal-hal yang muncul selama hari kerja bisa menciptakan budaya kerja yang kooperatif. 

Karyawan Anda akan menghargai dan menghormati fleksibilitas Anda, dan itu akan berujung pada loyalitas dan lingkungan kerja yang lebih bahagia.

3. Menyediakan Makanan dan Camilan

Seperti yang kita semua tahu, makanan adalah jalan menuju hati seseorang. Jadi, jika Anda memiliki cara untuk menyediakan makanan gratis di tempat kerja, hal ini bisa memberikan beribu manfaat untuk suasana kantor Anda. 

Namun, jika anggaran kantor Anda memang terbatas, tidak perlu menyediakan makanan gratis setiap hari. Pertimbangkan untuk membawa roti atau donat setiap Jumat atau apa pun. Belilah makan siang untuk staf, atau belikan kopi untuk semua orang.

4. Mengapresiasi dengan Hadiah

Menawarkan hadiah kecil sebagai insentif adalah cara yang bagus untuk memastikan Anda telah mengapresiasi kualitas pekerjaan seseorang. 

Perlu diperhatikan bahwa hadiah ini tak melulu harus mahal. Semua orang suka mendapat hadiah, terlepas dari apa hadiahnya. 

Anda bisa menawarkan hal-hal yang konkret, seperti kartu hadiah, makan siang yang dibayar oleh bos, permen, atau tiket film. Pilihan yang bisa Anda ambil cukup banyak. 

5. Mengucapkan Terima Kasih

Yang ini paling sederhana, tetapi mungkin yang paling penting. Perhatikan hal-hal yang berjalan dengan baik, perhatikan orang-orang yang berusaha lebih atau telah mencapai sesuatu yang istimewa, dan ucapkan terima kasih kepada mereka. 

Ambil waktu sebentar untuk menghargai orang-orang ini dengan mengucapkan terima kasih secara teratur. Lihat bagaimana ucapan terima kasih bisa membuat perbedaan yang besar.