<p>Petugas PLN merekam pencatatan meteran listrik di rumah warga kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa 30 Juni 2020. PLN memastikan seluruh petugas pencatatan meter mendatangi langsung rumah pelanggan pascabayar untuk digunakan sebagai dasar perhitungan tagihan listrik bulan Juli 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

5 Cara Sederhana Mengurangi Tagihan Listrik Akibat Gunakan AC

  • Inilah beberapa cara menghemat tagihan listrik akibat pemakaian AC. Selamat mencoba.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - AC atau air conditioner adalah salah satu alat yang digunakan untuk mendinginkan ruangan. Dengan adanya AC, ruangan Anda jadi bisa lebih sejuk dan nyaman, apalagi ketika cuaca sedang panas.

Namun, menggunakan AC terus menerus siang sampai malam tentu akan meningkatkan tagihan listrik. Hal ini tentu juga akan membuat pengeluaran jadi makin boros.

Jika Anda merasakan kebingungan tersebut, ada baiknya jika Anda melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengurangi tagihan listrik akibat menggunakan AC terus menerus.

Cara Menghemat Tagihan Listrik Karena Menggunakan AC

Cara Menghemat Tagihan Listrik Karena Menggunakan AC

Meski AC modern saat ini sudah dirancang sedemikian rupa yang diklaim mampu mengonsumsi energi sedikit lebih sedikit daripada AC yang lebih tua, hal itu tetap saja bisa membuat tagihan listrik jadi membengkak. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat tagihan listrik.

1. Pilih Suhu AC yang Tepat

Anda sebaiknya tidak menyetel AC pada suhu minimum. Biasanya orang-orang akan berpikir bahwa menyetel AC pada suhu 16 derajat celcius akan memberikan efek pendinginan yang lebih baik, padahal tidak demikian. 

Suhu ideal untuk tubuh manusia yaitu sekitar 24 derajat Celcius, dan AC akan membutuhkan lebih sedikit beban untuk mencapai target tersebut. Jadi sebaiknya atur suhu AC Anda sekitar 24 derajat Celcius saja.

2. Matikan AC Saat Tidak Digunakan

Baik itu AC atau peralatan lainnya, Anda harus selalu mematikan saklar daya saat peralatan tersebut tidak digunakan.

3. Gunakan Timer untuk Menghindari Penggunaan Secara Berlebihan

Semua AC memiliki timer. Gunakan fitur tersebut daripada harus menyalakan AC sepanjang malam. Fitur timer tersebut akan mengurangi penggunaan AC secara berlebihan dan menurunkan tagihan listrik.

4. Servis AC Secara Rutin

Semua peralatan elektronik membutuhkan servis dan begitu juga AC. Meski sebagian besar pabrikan AC mengklaim bahwa AC tidak perlu sering diservis, ada baiknya jika Anda tetap merawat AC. Hal ini untuk mengatasi adanya debu atau partikel lain dapat merusak mesin AC.

5. Tutup Tirai dan Gorden

Jendela yang terbuka dapat membuat panas matahari masuk dan meningkatkan suhu di dalam ruangan. Ketika cuaca sedang panas, tutup semua tirai dan gorden untuk membantu mencegah sinar matahari masuk melalui jendela. Selain itu, dengan ditutupnya tirai dan gorden, maka udara dingin yang dihasilkan AC tidak keluar ruangan.

Itu tadi beberapa cara menghemat tagihan listrik akibat pemakaian AC. Selamat mencoba.