5 Cara Menyelamatkan Laptop yang Terkena Tumpahan Cairan
Tekno

5 Cara Selamatkan Laptop yang Terkena Tumpahan Cairan

  • Inilah beberapa cara menyelamatkan laptop yang terkena tumpahan cairan.

Tekno

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Laptop adalah salah satu device atau perangkat elektronik yang membantu pekerjaan sehari-hari. Namun, laptop bukan perangkat yang tahan air. Oleh karena itu, laptop bisa menjadi rusak jika terkena tumpahan cairan.

Jika laptop Anda terkena tumpahan cairan, ikuti cara berikut ini agar laptop tidak cepat rusak.

Cara Menyelamatkan Laptop yang Terkena Cairan

Cara Menyelamatkan Laptop yang Terkena Cairan

1. Putuskan aliran listrik

Pastikan tidak ada aliran listrik yang tersambung ke laptop Anda. Jika cairan melewati keyboard dan beberapa sirkuit yang aktif, hal ini akan menyebabkan korsleting dan kerusakan laptop. Setelah mencabut aliran listrik, segera matikan laptop. 

2. Segera lap cairan yang ada di laptop

Setelah mencabut aliran listrik yang tersambung ke laptop, Anda perlu lap semua cairan yang Anda lihat di laptop. Gunakan kain lembut yang mudah menyerap cairan yang ada di permukaan.

3. Keringkan bagian dalam laptop

Jika memungkinkan, Anda bisa melakukan pemeriksaan kerusakan internal. Jika bisa, bukalah casing laptop dengan hati-hati dan gunakan handuk lembut untuk mengeringkan perangkat kerasnya. Namun, jangan gunakan pengering rambut karena dapat menimbulkan listrik statis yang justru dapat merusak perangkat keras.

4. Bersihkan keyboard

Jika laptop masih melakukan booting dan berfungsi dengan baik setelah dikeringkan, Anda bisa mulai membersihkan tombol keyboard yang mungkin lengket akibat cairan tersebut.

5. Minta bantuan profesional

Jika Anda sudah melakukan beberapa hal di atas dan masih tidak berhasil, Anda memerlukan bantuan profesional. Tukang servis dapat membantu memperbaiki laptop Anda sekaligus mengganti perangkat keras yang mengalami kerusakan.

Itu tadi beberapa cara menyelamatkan laptop yang terkena tumpahan cairan.