laptop
Gaya Hidup

5 Cara Terbaik untuk Menghilangkan Stres Setelah Seharian Bekerja

  • Inilah beberapa cara terbaik untuk menghilangkan stres setelah seharian bekerja.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Setelah sibuk beraktivitas dan bekerja seharian, tentu tubuh akan terasa lelah baik secara mental atau fisik. Pada umumnya orang-orang menyarankan istirahat untuk menghilangkan stres. Namun, ternyata tidak hanya istirahat, melakukan rutinitas santai setelah bekerja juga ampuh untuk menghilangkan stres.

Berikut cara terbaik menghilangkan stres setelah seharian bekerja yang bisa Anda coba.

Cara Terbaik Ampuh Menghilangkan Stres Setelah Seharian Bekerja

Cara Terbaik Ampuh Menghilangkan Stres Setelah Seharian Bekerja

1. Membuat jurnal atau journaling

Istilah journaling atau membuat jurnal akhir-akhir ini memang kerap diperbincangkan banyak orang di media sosial. Hal ini karena journaling sangat memudahkan Anda untuk mengetahui apa saja trigger atau pemicu stres.

Selain itu, jurnal harian ini juga membantu Anda melacak apa saja yang telah Anda lakukan hari ini dan mengetahui kebiasaan apa saja yang dapat terus dilakukan untuk membuat kehidupan jadi lebih baik.

2. Meditasi

Meditasi memiliki efek positif pada stres baik secara mental atau fisik. Melakukan sesi meditasi secara cepat dapat membantu tubuh melakukan relaksasi secara menyeluruh. Meditasi juga menjadi salah satu aktivitas penghilang stres terbaik setelah bekerja.

3. Jalan santai

Semua jenis aktivitas fisik sangat bermanfaat untuk mengurangi stres. Cobalah setelah sibuk bekerja, Anda berjalan-jalan di taman dekat rumah Anda.

4. Dengarkan musik

Mendengarkan musik yang menenangkan dapat membantu memicu respons psikologis tubuh terhadap relaksasi yang selanjutnya dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Anda bisa mencoba mendengarkan lagu yang menenangkan setelah bekerja atau sebelum tidur untuk mengatasi stres sehari-hari.

5. Disiplin terhadap jadwal tidur

Jadwal tidur harian ternyata dapat berdampak jangka panjang pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Memiliki jadwal tidur yang tetap sangat penting untuk membantu tubuh Anda rileks setelah bekerja.

Itu tadi beberapa cara terbaik untuk menghilangkan stres setelah seharian bekerja. Selamat mencoba.