<p>Sejumlah penyelam mengibarkan Bendera Merah Putih saat upacara pengibaran Bendera Peringatan HUT ke-75 RI di Akuarium Utama Sea Word, Ancol, Jakarta, Senin, 17 Agustus 2020. Pengibaran Bendera Merah Putih dan Pembacaan Teks Proklamasi oleh empat orang penyelam profesional Sea Word Ancol tersebut berlangsung hikmat untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

5 Cara Unik Warga Peringati HUT RI, Upacara di Akuarium hingga TPA

  • Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia dilakukan dengan berbagai macam cara oleh seluruh lapisan masyarakat.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia dilakukan dengan berbagai macam cara oleh seluruh lapisan masyarakat. Berbagai cara tersebut tentunya ada yang berbeda dan menarik perhatian orang lain karena keunikannya. Tidak sekedar lomba makan kerupuk ataupun sejenisnya, berikut akan dirangkum mengenai cara unik memperingati HUT RI.

Upacara Bendera Bersama Gajah

Berbeda dengan upacara bendera pada umumnya dimana dalam prosesi penaikkan bendera dilakukan oleh pasukan pengibar bendera. Upacara di Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau justru menggunakan tiga ekor gajah untuk prosesi penaikkan bendera. Keikutsertaan satwa dengan belalai tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi dan dan sosialiasi kepada masyarakat jika hewan tersebut dilindungi, dikutip dari Antara, Kamis 17 Agustus 2023.

Upacara Bendera di TPA

Tidak seperti biasanya upacara dilakukan di lapangan ataupun tempat pusat pemerintahan. Upacara bendera yang dilakukan oleh sejumlah masyarakat dan Anggota Pramuka di Kabupaten Jombang justru dilakukan di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah Banjardowo. Tidak hanya memperingati HUT ke-78 RI, upacara tersebut sekaligus langkah mengkampanyekan kepada masyarakat untuk hidup bersih dan Merdeka dari sampah plastik.

Upacara di Akuarium

Umumnya upacara bendera dilakukan di berbagai lokasi di darat. Akan tetapi, upacara yang dilakukan oleh Jakarta Aquarium and Safari (JAQS) ini berbeda lantaran dilakukan di dalam akuarium raksasa. Pengibaran bendera merah putih dilakukan di akuarium dengan kedalaman 5,5 meter oleh para penyelam professional. Dalam akuarium tersebut juga dihuni oleh ikan hiu dan ikan pari sebagai satwa koleksi tempat wisata tersebut.

Pengibaran Bendera di Jembatan

Peringatan HUT RI ke-78 tidak selalu dilakukan dengan upacara bendera, terdapat cara lain untuk memperingatinya salah satunya yaitu mengibarkan bendera raksasa dari atas jembatan. 

Cara tersebut dilakukan oleh personel Brimob Polda Jawa Barat beserta dengan SAR dari Universitas Padjajaran di Jembatan Cincin Jatinangor. Bendera merah putih berukuran 10 x 20 meter dikibarkan di atas ketinggal jembatan yang dulunya merupakan bekas jalur kereta api tersebut.

Pengibaran Bendera di Tengah Laut

Berbeda dengan di Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai caranya tersendiri dalam memperingati HUT ke-78 RI. Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Baron melakukan pengibaran bendera merah putih di tengah laut Pantai Baron, Gunungkidul.

Acara tersebut rutin dilakukan oleh Satlinmas sebagai wujud Semua itu implementasi Indonesia sebagai negara maritim.