Awas! Inilah Bahaya Mengecek Smartphone Saat Bangun Tidur
Tekno

5 Ciri-ciri Modus Penipuan Romance Scam dari Kencan Online, Awas Terjerat!

  • Inilah beberapa ciri-ciri penipuan romance scam di kencan online. Tetaplah waspada dan hati-hati!
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Kemajuan teknologi tidak dipungkiri memang memudahkan kehidupan kita sehari-hari, termasuk soal mencari jodoh atau pasangan. Hal ini karena sekarang sudah banyak aplikasi kencan online yang akan membantu Anda bertemu berbagai orang secara online lalu mencari pasangan yang sesuai dengan kriteria Anda.

Di balik kemudahan yang ditawarkan, kencan online juga memiliki kesulitan. Hal ini karena kita harus ekstra hati-hati karena ada banyak kasus penipuan yang memanfaatkan kerentanan korban sehingga korban terjerat dalam rayuan pelaku yang sebetulnya ingin menipu korban saja.

Anda tentu juga sudah tidak asing dengan film dokumenter dari Netflix yang berjudul The Tinder Swindler, di mana ada seorang pria yang menyamar sebagai orang yang kaya raya dan mencoba merayu banyak wanita secara online lalu membuat korbannya berutang di berbagai bank di mana uang tersebut hanya dipergunakan untuk memperkaya pelaku.

Oleh karena itu, agar Anda tidak terjebak dalam modus penipuan yang sama, ada baiknya jika Anda mengetahui ciri-cirinya sebagai berikut.

Ciri-ciri Romance Scam yang Biasa Ditemukan di Kencan Online

Ciri-ciri Romance Scam yang Biasa Ditemukan di Kencan Online

1. Penipu Sering Mengatakan Tinggal di Luar Negeri

Penipu romance scam menyukai hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR). Bisa jadi, pelaku penipuan mengaku sebagai seorang dokter yang sedang bertugas di luar negeri, anggota militer aktif, pekerja di rig atau pertambangan, dan sebagainya. Untuk memastikannya, cobalah ajukan pertanyaan yang mendalam mengenai latar belakang dan profesi mereka.

2. Meresmikan Hubungan Terlalu Cepat

Banyak pelaku penipuan romance scam ini mencoba menjalin hubungan dengan korbannya terlalu cepat. Mereka mencoba ingin membuat hati korban terhubung agar korban tidak bisa berpikir dengan jernih. Hal inilah yang mungkin memicu korban mau melakukan berbagai hal demi menyenangkan kekasihnya tersebut.

3. Meminta Terlalu Banyak Informasi Pribadi

Dalam beberapa kasus penipuan, ternyata informasi pribadi jadi yang lebih berharga daripada uang tunai. Mereka bisa menggunakan informasi pribadi untuk melakukan penipuan identitas. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak memberitahukan soal hari ulang tahun dan informasi perbankan Anda.

4. Menjalin Hubungan Hanya Secara Online

Berhati-hatilah jika bertemu dengan match yang selalu punya alasan untuk tidak bertemu Anda secara langsung. Ada baiknya jika Anda mulai curiga jika mereka terus menerus menghindari pertemuan langsung di kehidupan nyata.

5. Meminta Uang

Seseorang yang berniat untuk menipu Anda, cepat atau lambat akan mulai meminta uang untuk alasan apapun, mulai dari membayar biaya perjalanan, prosedur medis, biaya bea cukai, visa, dan sebagainya. 

Itu tadi beberapa ciri-ciri penipuan romance scam di kencan online. Tetaplah waspada dan hati-hati!