Cara Melamar Pekerjaan Baru Usai Terkena Badai PHK
Gaya Hidup

5 Ciri-ciri Pertanda Sudah Saatnya Berhenti dari Pekerjaan Anda

  • Inilah pertanda sudah saatnya berhenti dari pekerjaan Anda.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tidak peduli seberapa optimis atau bersemangatnya Anda tentang kehidupan dan karier, mungkin tetap ada saatnya Anda bertanya-tanya apakah harus berhenti dari pekerjaan saat ini. Naluri Anda mungkin memberitahu Anda bahwa sudah waktunya untuk berhenti tapi Anda masih tidak tahu bagaimana mengevaluasi situasi ini secara objektif.

Berhenti dari pekerjaan tentu bukan merupakan keputusan yang mudah. Anda membutuhkan pekerjaan lain yang telah Anda siapkan setidaknya atau gagasan lain tentang arah mana yang Anda tuju.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui pertanda apakah memang sudah saatnya Anda berhenti dari pekerjaan saat ini.

Ciri-ciri Pertanda Sudah Saatnya Anda Resign dari Pekerjaan 

1. Stres terus menerus

Ini adalah tanda paling jelas bahwa ada yang tidak beres dengan pekerjaan saat ini. Tidak hanya soal bekerja di bawah tekanan, bisa jadi adanya tenggat waktu yang singkat atau pelanggan yang kerap marah terhadap Anda juga bisa menyebabkan stres.

Stres ini dapat berdampak pada fisik. Selain mengalami sakit kepala secara terus menerus, bisa jadi Anda sakit perut, lesu, atau tidak bisa tidur nyenyak.

2. Benci hari Senin

Tanda lain untuk mengatakan bahwa Anda tidak tahan dengan tempat kerja Anda adalah bahwa Minggu malam jadi sangat menyedihkan karena Anda membenci hari Senin. Sebetulnya itu merupakan hal yang sering terjadi.

Hal yang penting adalah bagaimana Anda mendekati gagasan untuk pergi bekerja. Jika itu membuat Anda ketakutan, inilah saatnya untuk mengambil tindakan perbaikan.

3. Anda diremehkan

Gaji merupakan motivasi para karyawan untuk pergi ke kantor dan menjadi nilai Anda menurut perusahaan. Jika Anda dibayar terlalu rendah daripada range gaji posisi Anda pada umumnya, itu berarti perusahaan Anda saat ini tidak cukup menghargai Anda.

4. Anda tidak menyukai siapa Anda di tempat kerja

Kondisi ini adalah salah satu hal yang tidak akan terjadi dalam semalam. Ciri-ciri ini adalah efek kumulatif dari jam kerja yang panjang, atasan yang buruk, dan kurangnya penghargaan di tempat kerja. Hal ini perlahan akan bertambah tanpa Anda sadari.

5. Anda tertarik pada hal lain

Kadang-kadang, mungkin sudah waktunya untuk berhenti bukan karena Anda berada di tempat yang salah, tapi Anda merasa tertarik terhadap hal lain. Itu bisa jadi proyek sampingan yang yang telah Anda kerjakan atau juga bisnis yang selama ini Anda tekuni.

Jika demikian, inilah saatnya Anda berhenti dari pekerjaan. Bukan karena pekerjaan saat ini membatasi, tapi memang masa depan terlihat tak terbatas. Jika Anda didorong oleh hal lain, pekerjaan Anda saat ini seharusnya tidak menghalangi impian Anda.

Itu tadi beberapa pertanda sudah saatnya berhenti dari pekerjaan Anda. Apakah Anda memiliki ciri-ciri tersebut?