5 Crazy Rich Pengusaha Kayu Indonesia
Video

5 Crazy Rich Pengusaha Kayu Indonesia

  • Prajogo Pangestu menjadi salah satu pengusaha kayu terkaya di Indonesia dengan total kekayaan mencapai US$5,6 miliar atau setara dengan Rp83,88 triliun.
Video
Nadia Amila

Nadia Amila

Author

JAKARTA - Bisnis kayu menjadi salah satu bisnis paling menggiurkan di Tanah Air. Prajogo Pangestu menjadi salah satu pengusaha kayu terkaya di Indonesia dengan total kekayaan mencapai US$5,6 miliar atau setara dengan Rp83,88 triliun.

Sebelum menjadi pengusaha kayu, Prajogo Pangestu sang pemilik Barito Pacific Group memiliki total kekayaan Rp83,88 triliun. Pria bernama asli Phang Djoen Phen ini terlahir dari keluarga miskin dan hanya berhasil menempuh pendidikan hingga SMP.

Seiring dengan jerih payah serta perjalanan kariernya, saat ini Prajoga berhasil menjadi orang kaya ke-5 di Indonesia tahun 2021 versi majalah Forbes. Ia juga tercatat menjadi pengusaha kayu terkaya di Bumi Pertiwi.

Barito Pacific Group atau PT Barito Pacific Tbk milik Prajogo pernah menjadi salah satu penguasa industri perkayuan terbesar di Indonesia.

Saat ini, perseroan tersebut berkembang dan telah bergerak di berbagai bidang yaitu, kehutanan, perkebunan, pertambangan, industri, properti, perdagangan, energi, dan transportasi.

Pada posisi kedua, ada nama Sukarto Tanoto dengan total kekayaan Rp31,4 triliun. Kemudian disusul oleh Putera Sampoerna dengan total kekayaan Rp26,2 triliun.

Pada posisi keempat ada Winarko Sulistyo dengan kekayaan senilai Rp16,8 triliun. Kemudan, di posisi kelima ada nama Arini Subianto dengan total kekayaan mencapai Rp13,94 triliun.