Twitter Diakuisisi Elon Musk, Bill Gates Khawatir Hoax Jadi Semakin Buruk
Dunia

5 Daftar Orang Kaya Dunia 2022 Versi Bloomberg, Ada Dari Asia

  • Bloomberg baru saja merilis data manusia terkaya sejagat raya versi tahun 2022
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

Jakarta- Bloomberg baru saja merilis data manusia terkaya sejagat raya versi tahun 2022. Dalam daftar tersebut, ada wajah pendatang baru terpampang dalam daftar lima besar.

Pada daftar orang terkaya dunia, tiga diantara lima jajaran teratas masih dikuasai oleh pemilik sektor industri teknologi.

Berikut adalah daftar lim orang terkaya seperti dikutip TrenAsia.com dari Bloomberg Jumat, 2 September 2022.

1. Elon Musk

Urutan pertama masih dirajai oleh Elon Musk. Musk adalah kepala eksekutif Tesla, pembuat mobil paling berharga di dunia. 

Perusahaan teknologi yang berbasis di Austin, Texas ini menjual kendaraan listrik dan baterai solar rumah. 

Tak hanya Tesla, Musk juga merupakan kepala eksekutif SpaceX, produsen roket yang disadap oleh NASA untuk memasok stasiun luar angkasa, dan memiliki sejumlah saham di perusahaan jejaring sosial Twitter.

Kekayaan Elon musk tahun ini teratat sebesar US$254 miliar atau setara Rp3,79 kuardiliun (asumsi kurs Rp14.800). Jumlah kekayaan ini meyusut US$25.3 miliar atau kisaran Rp379 triliun dibanding tahun lalu.

2. Jeff Bezos

Pada urutan kedua, ada pesaing Elon Musk yakni Jeff Bezos dengan kekayaan mencapai US$150 milyar atau kisaran Rp2,23 kuadriliun.

Bezos adalah pendiri Amazon, pengecer online terbesar di dunia. Perusahaan yang berbasis di Seattle ini menjual barang elektronik, perlengkapan rumah tangga, dan produk lainnya melalui situs andalannya. 

Amazon juga juga mengontrol rantai grosir Whole Foods dan menawarkan komputasi awan dan layanan streaming. Amazon sendiri tercatat memiliki pendapatan US$470 miliar atau Rp7 kuadriliun pada 2021.

Kakayaan bezos turun US$42,1 miliar aau sekitar Rp628 triliun dibanding tahun lalu.

3. Gautami Andani

Pada urutan ketiga, muncul nama Gautam Adani. Andani merupakan konglomerat India yang notabene adalah pendiri dari Andani Group, operator pelabuhan terbesar di India. 

Perusahaan infrastruktur yang berbasis di Ahmedabad, India juga merupakan produsen batu bara termal terbesar dan pedagang batu bara terbesar di India. Adani Enterprises, perusahaan perdagangan yang terdaftar di grup tersebut, melaporkan pendapatan sebesar US$5,3 miliar atau kisaran Rp74,6 triliun pada tahun ini hingga 31 Maret 2021.

Tahun ini, Andani mencatatkannkekayaan sebesar US$143 miliar atau Rp2,1 kuadriliun. Jumlah ini naik US$67,8 miliar atau Rp1,1 kuadriliun dibanding tahun lalu.

4. Bernard Arnault

Konglomerat Peeancis ini memiliki kekayaan sekitar US$135 miliar atau kisaran Rp2 kuadriliun. Sayangnya, kekayaan ini mengalami penurunan sekitar US$43,4  miliar atau kisaran Rp647,6 triliun.

Orang terkaya Prancis ini adalah petinggi LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton, pembuat barang mewah terbesar di dunia. 

Dia mengendalikan sekitar setengah dari LVMH, yang memiliki pendapatan US$76 miliar atau Rp1,1 kuadriliun pada tahun 2021.

Perusahaan ini menjual produk termasuk barang-barang kulit Louis Vuitton, jam tangan TAG Heuer, dan sampanye Dom Perignon.

5. Bill Gates

Bill Gates menjadi orang terkaya kelima dengan jumah harta sekutar US$115 miliar atau kisaan Rp1,7 kuadriliun. Jumlah ini turun  US$23 miliar atau Rp343 triliun dibanding tahun lalu.

Gates merupakan pendiri  Microsoft, pembuat perangkat lunak terbesar di dunia. 

Perusahaan yang berbasis di Redmond, Washington ini memiliki pendapatan sebesar US$168 miliar atau Rp2,5 kuadriliun pada tahun 2021.

Sisa kekayaannya dikelola melalui Cascade Investment yang dipegang erat, yang memiliki saham di lusinan perusahaan publik, termasuk Canadian National Railway, Deere, dan Ecolab.