ZEROBASEONE
Hiburan

5 Debut Grup K-Pop Paling Ditunggu Sepanjang 2023

  • Grup band ZEROBASEONE resmi debut pada 10 Juli 2023 lalu. Grup band yang terdiri dari 9 member ini  melalui perjalanan mereka sebagai kontestan program survival, "Boys Planet," untuk bergabung dengan lineup debut.
Hiburan
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Industri K-Pop atau Korea Pop selalu menarik untuk dikulik. Bukan tanpa sebab, K-Pop dikenal kerap menggabungkan elemen-elemen musik, fashion, dan tari untuk menampilkan karya yang memukau. 

Standar yang diterapkan juga tinggi. Tak jarang pelatihan atau training artis K-Pop sering dimulai sejak mereka masih berusia belia. 

Dari waktu ke waktu, grup baru satu persatu lahir dan melakukan debut menambah warna di industri ini. 

Dikutip dari laman Kpopmap berikut ini adalah 5 debut grup K-pop yang paling ditunggu sepanjang tahun 2023. 

1. ZEROBASEONE

Grup band ZEROBASEONE resmi debut pada 10 Juli 2023 lalu. Grup band yang terdiri dari 9 member ini  melalui perjalanan mereka sebagai kontestan program survival, "Boys Planet," untuk bergabung dengan lineup debut. 

Ketika pertunjukan berakhir dan boy grup tersebut selesai, tampak fans mereka sangat gembira. Tidak butuh waktu lama hingga ZEROBASEONE melakukan debut resmi mereka dengan judul lagu 'In Bloom'.

2. xiker

Sebagai senior xiker, grup band ATEEZ telah sukses membesarkan nama mereka dan label. Hingga ketika pertama kali KQ Entertainment mengumumkan akan mendebutkan boy grup baru, antusias fans membanjir tak terbendung. 

Bahkan sebelum debut, para xiker telah mendapatkan pengalaman panggung untuk menunjukkan bakat mereka. Tahun 2023 menandai awal perjalanan xikers sebagai grup idola dan sukses mendapatkan respon hangat dari komunitas K-Pop.

3. LUN8

Tak kalah seperti grup band yang telah dibahas sebelumnya, LUN8 juga sukses menerima banyak hype dan perhatian dari penikmat musik K-Pop sejak pertama kali debutnya diumumkan. 

Pasalnya, sudah sekitar tujuh tahun sejak label mereka, Fantagio, mendebutkan boy grup. Saat mereka perlahan-lahan merilis cover vokal, teaser, dan highlight album, para penggemar mau tak mau tertarik pada para pendatang baru. 

4. HORI7ON

Grup band HORI7ON lahir dari dari acara survival idola, "Dream Maker". Setelah acara berakhir mereka secara bertahap merilis serangkaian single pra-debut sebelum melakukan debut resmi pada 24 Juli 2023. 

Hadir sebagai boy grup asal Filipina yang berbasis di Korea Selatan, mereka membuat sejarah sebagai boy grup Filipina pertama di kancah K-Pop. 

5. BOYNEXTDOOR

Tahun 2023 adalah tahun penting bagi KOZ Entertainment karena label ini akhirnya mendebutkan boy grup pertama mereka BOYNEXTDOOR 

Sebagai perusahaan di bawah HYBE dan di bawah kepemimpinan artis ikonik ZICO, netizen penasaran untuk melihat apa yang dimiliki grup idol tersebut. 

Tampaknya ekspektasi netizen tidak meleset. BOYNEXTDOOR sukses menarik perhatian penggemar dengan vokal dan dance mereka.