<p>China Town Bandung / Instagram @chinatownbandung</p>
Destinasi & Kuliner

Persis di China, Intip 4 Destinasi Wisata untuk Liburan Imlek Tahun Ini

  • Empat destinasi wisata Imlek tahun ini adalah Museum Tjong A Fie Medan, China Town Bandung, Kelenteng Sam Poo Kong Semarang, dan Kelenteng Hong Tiek Hian Surabaya.

Destinasi &amp; Kuliner
Reky Arfal

Reky Arfal

Author

JAKARTA – Libur Tahun Baru China atau Imlek 2527 jatuh pada Jumat, 12 Februari 2021. Imlek tahun ini akan menjadi perayaan pertama di tengah pandemi COVID-19. Perayaan Imlek yang identik dengan wisata budaya kemeriahan pun mau tak mau mesti direm demi menekan kasus COVID-19.

Co-Founder dan Chief Marketing Officer Tiket.com Gaery Undarsa mengatakan masyarakat Indonesia pada umumnya akan berkumpul bersama keluarga ketika hari Imlek. Namun, tidak sedikit yang memanfaatkan hari libur ini untuk mengunjungi tempat wisata.

“Kami berkomitmen mendukung pemerintah dalam menekan bertambahnya angka penyebaran COVID-19, sembari turut membantu pemulihan sektor pariwisata di Indonesia,” kata Gaery Undarsa melalui keterangan resmi, Rabu, 10 Februari, 2021.

Gaery mengatakan masyarakat yang mau berlibur harus tetap waspada. Tiket.com memberikan rekomendasi destinasi wisata yang cocok untuk liburan Imlek di berbagai daerah. Berikut tempat liburan untuk Imlek yang tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan.

1. Museum Tjong A Fie Mansion, Medan
Museum Tjong A Fie Medan / Bukalapak.com

Kota Medan memiliki acara tahunan dalam perayaan Imlek yang bernama Gebyar Imlek Fair. Di sini, pengunjung dapat menikmati beragam kuliner dan pertunjukan khas tahun baru Imlek.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menjelajahi Museum Tjong A Fie Mansion. Tjong A Fie adalah seorang pedagang sekaligus tuan tanah keturunan Tionghoa yang memimpin pembangunan rel kereta api Medan – Belawan.

Kediaman Tjong A Fie didirikan tahun 1900 dan dibuka untuk umum pada 18 Juni 2009 untuk memperingati ulang tahun Tjong A Fie yang ke-150.

2. China Town, Bandung
China Town Bandung / Jejakpiknik.com

China Town yang berada di kota Bandung adalah salah satu destinasi wisata yang sarat dengan budaya dan tradisi oriental. China Town Bandung memiliki 77 kios usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berdiri di atas lahan seluas 3.000 meter persegi.

Bertempat di Jalan Klenteng, tempat yang diresmikan pada 2017 ini dirancang untuk menyampaikan pesan kedamaian dan keberagaman.

3. Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang
Kelenteng Sam Poo Kong / Manusialembah.com

Kota Semarang juga memiliki destinasi wisata budaya yang sangat populer, yaitu Kelenteng Sam Poo Kong yang memiliki makna “gua tiga orang sakti”. Kompleks Sam Poo Tong terletak di Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang.

Klenteng ini adalah lokasi bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He.

4. Kelenteng Hong Tiek Hian, Surabaya
Kelenteng Hong Tiek Hian / Holidify.com

Kelenteng Hong Tiek Hian yang berlokasi Jalan Dukuh, Surabaya Utara ini merupakan kelenteng tertua dan menjadi pusat kemeriahan selama perayaan tahun baru Imlek. Konon, Klenteng ini dibangun oleh Pasukan Tar-Tar di zaman Khu Bilai Khan di awal Kerajaan Majapahit berdiri.

Berdiri di kawasan Pecinan Surabaya, Inilah Klenteng Hong Tiek Hian, klenteng yang sudah berdiri ratusan tahun lamanya. Di sini, masyarakat juga dapat mampir ke Kya-kya Kembang Jepung dan menikmati beragam wisata kuliner khas Tionghoa.