<p>SPAM Umbulan/Kemenkeu.go.id</p>
Nasional

5 Embung di Jawa Tengah Rampung Dibangun, Ini Rinciannya

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air terus melakukan penyelesaian lima embung Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air terus melakukan penyelesaian lima embung di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah. Hal ini sebagai upaya tingkatkan daya tampung air dan kedaulatan pangan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, di beberapa darerah masih terdapat masyarakat yang masih kesulitan memperoleh air bersih.

"Hal tersebut menjadi perhatian Kementerian PUPR agar berupaya menyediakan infrastruktur melalui pembangunan embung," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi, Selasa, 6 April 2022.

Diharapkan dengan pembangunan embung di Jawa Tengah yang sudah diselesaikan Kementerian PUPR dapat memberikan solusi pengairan bagi para petani setempat sehingga mampu mendongkrak hasil tani dan meningkatkan perekomian masyarakat.

Berikut 5 embung yang telah rampung dibangun:

Embung Imogiri

Embung Imogiri ini berlokasi di Kabupaten Bantul yang dibangun sejak tahun 2020. Biaya yang dihabiskan untuk pembangunan embung ini senilai Rp7,9 miliar.

Kapasitas tampung Embung Imogiri mencapai 64.099 meter kubik (m3) dengan luas genangan 1,13 hektare (Ha).

Embung yang dibangun dengan konsep desain kearifan lokal menyerupai Gunung Wayang ini bisa dimanfaatkan untuk konservasi air dan pengendalian banjir, serta berpotensi menjadi destinasi wisata baru.

Embung Imogiri II

Embung Imogiri dibangun melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BWS) Serayu Opak Ditjen Sumber Daya Air di lokasi yang sama, Kabupaten Bantul.

Pembangunan dimulai sejak 2021 dengan kapasitas tampung 26.848 m3 dan luas genangan 0,685 Ha dan menghabiskan dana pembangunan sebesar Rp12 miliar.

Embung Mualimin

Pembangunan Embung Mualimin sudah dilakukan sejak 2021 dengan dana anggaran Rp6,1 miliar. Lokasinya masih di Kabupaten Bantul yang dibangun dengan memiliki kapasitas tampung 1.200 m3.

Embung UII II

Pembangunan Embung UII II ini sudah diselesaikan Kementerian PUPR pada 2020 lalu. Embung ini memiliki kapasitas tampung hingga 14.980 m3 dengan anggaran pembangunan Rp6,1 miliar. Kementerian PUPR juga membangunan Laboratorium Mikrohidro untuk melengkapi pembangunan Embung UII II.

Embung Sendangtirto

Embung Sindangtirto berlokasi di Kabupaten Sleman yang pembangunannya sudah selesai dilakukan pada 2021. Embung ini memiliki kapasitas tampung 9.716 m3 dan menghabiskan anggaran dana sebesar Rp8,6 miliar.