Penampakan tribun di Stadion Manahan, Solo.
Gaya Hidup

5 Fakta Penunjukan Stadion Manahan Solo jadi Venue Final Piala Dunia U-20

  • Stadion Manahan, Solo, kabarnya ditunjuk sebagai venue final Piala Dunia U-20 2023 pada 11 Juni 2023.

Gaya Hidup

Chrisna Chanis Cara

SOLO—Stadion Manahan, Solo, kabarnya ditunjuk sebagai venue final Piala Dunia U-20 2023 pada 11 Juni 2023. Pemilihan tersebut cukup mengejutkan mengingat Indonesia memiliki Stadiun Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang berkapasitas jauh lebih besar. 

Tak hanya final turnamen, Stadion Manahan bakal menyajikan spesial pertunjukan di acara penutupan (closing ceremony). Berikut sejumlah fakta penunjukan Stadion Manahan menjadi venue final Piala Dunia U-20 2023.

Dibeberkan Wali Kota Gibran

Informasi Kota Solo bakal menjadi lokasi final Piala Dunia U-20 2023 dibocorkan oleh sang Wali Kota, Gibran Rakabuming Raka. Stadion Manahan, Solo, diklaim sudah mendapatkan lampu hijau FIFA sebagai venue babak pamungkas turnamen bergengsi usia muda tersebut. 

“Kota Solo terpilih jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Lokasi venue di Stadion Manahan,” ujar Gibran dalam keterangannya, dikutip TrenAsia, Selasa 14 Februari 2023. 

Berpengalaman di Event Internasional

Gibran mengaku bahagia Solo bisa terpilih untuk berkontribusi dalam hajatan sekelas Piala Dunia U-20. Dia yakin Solo dapat menggelar acara tersebut dengan lancar. Hal ini karena Solo sudah berpengalaman menggelar acara berskala internasional. Belum lama ini Solo sukses menggelar konser Dream Theater di Stadion Manahan. Tahun lalu Solo juga sempat menjadi lokasi rangkaian perhelatan G20. 

“Kami sudah berpengalaman,” ucap Gibran. 

Masih Direnovasi

Saat ini Stadion Manahan masih dalam tahap renovasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Selama renovasi, stadion berkapasitas 20.000 orang itu sementara ditutup. Proses perbaikan ditargetkan selesai Maret 2023.

“Bulan April stadion sudah bisa digunakan,” jelas Gibran. 

Gandeng Wishnutama

Kota Solo tak main-main dalam menyiapkan final yang sekaligus menjadi closing ceremony Piala Dunia U-20. Gibran menggandeng mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, sebagai konseptor acara puncak tersebut. Diketahui, Wishnutama adalah sosok penting di balik kesuksesan penyelenggaraan seremoni Asian Para Games 2018 di Jakarta. 

Hadirkan K-Pop

Penutupan Piala Dunia U-20 2023 di Solo diyakini bakal semakin menggemparkan. Hal ini karena Gibran berencana mendatangkan musisi K-Pop sebagai pengisi acara di seremoni penutupan. Gibran sudah berkomunikasi dengan Wishnutama untuk mengajak artis K-Pop tersebut. Namun Gibran masih merahasiakan siapa musisi yang akan tampil di upacara penutupan. 

Sebagai informasi, perhelatan Piala Dunia U-20 2023 bakal dimulai 20 Mei 2023 dengan acara pembukaan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Selain SUGBK dan Manahan, ada empat stadion yang akan menjadi venue laga turnamen yakni Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Jakabaring (Palembang), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).